Analisis Ketepatan Konsep dan Kelayakan Isi Materi Berdasarkan KI dan KD Pada Buku Teks IPA Kurikulum 2013 Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII

Siska Yulianti, Nur Ilmiyati, Adi Maladona

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi isi, ketepatan konsep materi, tingkat elaborasi berdasarkan model representasi teks dari buku teks tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Dari hasil analisis relavansi isi materi terhadap silabus pembelajaran kurikulum 2013 pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup ditemukan 10 indikator pembelajaran dengan 8 indikator pembelajaran terakomodasi dan 2 indikator pembelajaran tidak terakomodasi atau 80% materi tergolong baik. Ketepatan konsep materi ditemukan 12 konsep materi dengan 70%  materi memadai, 26% materi kurang atribut dan 4% materi tidak diuntut dalam indikator pembelajaran, ini menunjukan konsep materi pada uku teks tersebut relevan baik. Analisis wacana materi subjek buku teks siswa tersebut menghasilkan representasi mengajar dengan kedalaman level materi elaborasi 4 sehingga cakupan materi tergolong baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran kurikulum 2013, dengan memunculkan 3 motif pembelajaran informing, eliciting dan directing.Kata kunci : Relavansi isi, Ketepatan Konsep, Analisis Wacana Buku Teks, Klasifikasi Makhluk Hidup

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin,Y.(2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Kontek Kurikulum 2013.Bandung.Reflika Aditama. hlm336

Aziz, A.F.M., Rahayu,T. dan Rahayu S., (2014) Analisi isi (Content Analisis) Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP kelas VII di kota Semarang. Journal of physical education and sport. Vol (3). No 1. 1-5

[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pelajaran Biologi SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Estyningsing, N.N.,(2015). Analisis kesesuaian buku ajar tema indahnya kebersamaan kelas IV SD dengan kurikulum 2013, Journal pendidikan ke SD an. Vol (1). No 1. 185-190

Ijharudin M, Kuntadi D, Denya Agustina R, Minan Chusni M.(2018).”Analisis Materi Subjek Pembelajaran Usaha dan Energi dengan Pedagogi Materi Subjek (PMS)”. Bandung. Jurnal Pendidikan Sains (JPS) Vol.06 No.02. hlm 59-61

Juwita,Tita,et.al.(2017).“Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa IPA Kurikulum 2013 Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas Viii Untuk Digunakan Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Relevansi Isi, Ketepatan Dan Kompleksitas”.Bio Educatio.2.1 hlm;67-70

Kinanti, Putri Lutfia.(2017).“Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung”.Sosietes.7.1 hlm.345

Mansur Muslich. (2010).Tektbook Writing : Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian buku teks. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media. Hlm.292

Moleong, J Lexy.(2017).Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya. Hlm 229

Saintifik Pada Konsep Sistem Ekskresi”, Skripsi (Cirebon : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon,2015)hlm.1-7

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 1 ayat 23.

Pusat penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan Balitang Kemendikbud tentang “ Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa” Tahun 2017

Sagala, syaiful.(2018).Silabus Sebagai Landasan Pelaksanaan dan Pengembangan Pembelajaran Bagi Guru yang Profesional. Jurnal Tabularas PPS UNMED. Vol.5 No.1. hlm 11-12

Siregar N. & Muis, A. (2013). Pedagogi Materi Subjek. Bandung : UPI Bandung

Siregar N. & Muis, A. (1998). Analisis Register Budaya Akademik. Mimbar Pendidikan No 1 Tahun XVI

Suharsimi Arikunto.(2010).Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta.RinekaCipt.hlm.274

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan,H.G & Tarigan, D.(2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia,Bandung: Angkasa.

Yani, Ahmad. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta

Yusmia, Ika,(2015).“Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTS Kurikulum 2013”, Skripsi ( Semarang : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang) hlm.79

Widodo, Wahono, Fida Rahmadiati, Siti Nurul Hidayati.(2017).Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi.Jakarta:Kementrian Republik dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hlm: 32-91




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.8975

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.