MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING

Wina Nursyamsiatul Fajriah, Ahyo Ruhyanto, Tati Heryati

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Rendahnya hasil belajar ini dipegaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan dari penelitian ini:  (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran akhir (posstest). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui dokumentasi, observasi, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dengan kategori sedang. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan kategori rendah. (3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar menggunakan model pemelajaran kooperatif tipe mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menghasilkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Artinya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.8995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.