PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MANGUNJAYA (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar APBN dan APBD di Kelas XI IPS)

Ervin Himawan Prasetya, Nur Rizqi Arifin, Yuyun Susanti

Sari


Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mangunjaya pada mata pelajaran ekonomi materi APBN dan APBD dengan rata-rata hasil ulangan harian berada di bawah kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan nilainya sebesar 75. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest dalam bentuk soal pilihan ganda. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan treathment model pembelajaran problem based learning dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menjelaskan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Mangunjaya serta terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir, selisih hasil nilai posttest pada keduanya sebesar 14,32, sehingga dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran PBL lebih unggul 19,34% dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem Based Learning, Quasi Eksperimental, Treathment, Pretest, Posttest

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan, Budi, Ono Wiharna, dan Tatang Permana. 2017 Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education. (online). Vol. 4. No. 2. Diakses 19 Mei 2022.

Herlianita, Resta. Aryansyah, Firman. Arifin, Nur Rizqi. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Dan Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan (Online). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/J-KIP/article/view/5929/4332, diakses pada tanggal 2 Oktober 2022.

Kusstianti, Nia, dan Luthfiyah Nurlaela. 2014. 2 Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Perawatan Kulit Wajah Berkasus. Jurnal Pendidikan Vokasi (online) Vol. 2 No. 1 (jurnal mahasiswa.unes.ac.id) diatas 1 Agustus 2022.

Mulyono, Nono. 2018. Kurikulum Dan Pembelajaran. ed. Marlyono, Setio Galih. Bandung: Rizqi Pres.

Novita, Lina, Raden Teti Rostikawati, dan Karina Aulia Fitriani. 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Subtema Organ Gerak Hewan.” Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1): 34–39.

Nurdyansyah, dan Fahyuni, Eni Fariyarul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Putu, I, Adhi Wibawa, dan I Ketut Dibia. 2018. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Tutor Sebaya Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 1(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Number Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di SD. Journal Of Primary Educational. (online) Vol. 1. No. 2. (https://unnes.ac.id/sju/index.php/jpe) diakses 1 Agustus 2022.

Syamsidah, dan Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). Sleman: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9035

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.