Pemanfaatan Etnomatematika Kerajinan Anyaman Pandan Rajapolah dalam Pembelajaran Matematika

Dike Ratih Yulistiyani, Ida Nuraida, Nur Eva Zakiah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang terbilang abstrak. Guru sebagai pendidik harus mampu mempermudah siswa untuk memahami konsep matematika. Salah satu caranya dengan mengkaitkan pembelajaran matematika dengan konteks budaya di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu adanya jembatan yang menghubungkan antara budaya dan pembelajaran matematika yaitu etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terkandung dalam kerajinan anyaman pandan Rajapolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data hasil observasi, data wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan etnomatematika pada kerajinan anyaman pandan Rajapolah khususnya anyaman pandan dan keterkaitan pada pembelajaran matematika sebagai berikut : (1) Terdapat konsep matematika dalam kerajinan anyaman pandan Rajapolah yakni konsep geometri dan konsep aljabar. Diantaranya persegi panjang, persegi, trapesium, balok, tabung dan SPLDV (2) Kerajinan anyaman pandan Rajapolah layak dijadikan objek pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.Kata Kunci : Etnomatematika, Kerajinan Anyaman Pandan Rajapolah, Pembelajaran Matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of mental Disorder (5th ed). Arlington, VA: APA Press.

Canadian Mental Helath Association. (2015). What’s the difference between anxiety and an anxiety disorder? [Halaman web]. Diakses pada tanggal 17 Desember 2021 dari https://www.heretohelp.bc.ca/q-and-a/whats-the-difference-between-anxiety-and-an- anxiety-disorder

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., & Ardani, A. (2020). Kecemasan Gunarsa, S. D. Psikologi Olahraga Prestasi, Jakarta: PT. Gunung Mulia. 2008.

Komarudin, Psikologi Olahraga Latihan Keterampilan Mental dalam Olahraga Kompetitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.https://kmpaganesha.itb.ac.id/2020/07/07/elementor-3134/ Diakses Pada 27 Februari 2022mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82.

Kartini, (2019) The Psychopathic Disorder Of The Main Character In Ingrid Goes West Movie. Other thesis, Universitas Darma Persada

Kecemasan, T., Atlet, A., Mengikuti, D., & Olahraga, P. (2015). JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 21 Nomor 79 Tahun XXI Maret 2015. 21, 39–44.

Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan (anxiety) dalam menghadapi pertandingan atlet sepak bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28-35.

Popong Suryani, Yoyok Cahyono, B. D. U. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja pada Karyawan Bagian Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 70–82. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/28Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9045

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.