ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING DI KELAS IX SMP IT IBNU AHKAM KALIPUCANG (PADA MATERI EKOSISTEM)

Novan Fauzy, Euis Erlin, Romdah Romansyah

Sari


Salah satu upaya untuk membuat siswa aktif, berkonsentrasi dan terampil dalam belajar ialah dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP) yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan PKP serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pembelajaran biologi materi ekosistem Kelas IX SMP IT Ibnu Ahkam Kalipucang. Waktu penelitian dilakukan mulai Bulan Juli sampai Bulan Agustus 2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan popilasi siswa Kelas IX SMP IT Ibnu Ahkam Kalipucang serta sampelnya siswa kelas IX dan guru IPA. Prosedur analisis datanya ialah penggolongan data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dalam menumbuhkan proses sains mata pelajaran IPA secara daring di SMPIT Ibnu Ahkam kalipucang ada 4 indikator yang memenuhi kriteria cukup dan 2 indikator yang memenuhi kriteria kurang Keterampilan Proses Sains (KPS) dikarenakan situasi dan kondisi pandemi tetapi faktor media dan aplikasi serta sarana dan prasarana sangat mendukung terlaksananya PKP mata pelajaran IPA di SMP IT Ibnu Ahkam Kalipucang dibuktikan dengan hampir 50% siswa aktif dalam proses pembelajaran. Penulis : Novan FauzyPembimbing 1 : Hj. Euis Erlin, Dra., M.KesPembimbing 2 : Romdah Romansyah. S.Pd., M.Pd., M.Si

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yunus. (2012). Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik. Bandung: RIZQI Press.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Basuki, Ismet dan Hariyanto, M.S. (2015). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bahtiar.2015. Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram:IAIN Mataram

Campbell, Neil A. (2010). Biologi. Jakarta: Erlangga

Campbell, Neil Al. (2009). Biology. [Online]. Tersedia: http://m-learning.zju.edu.cn/G2S/eWebEditor/uploadfile/20120925133308427.pdf. [10 Desember 2020].

Conny, Semiawan. (2016). Pendekatan Keteampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harefa, Amin Otoni. (2011). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 1 Tuhemberua Tahun Pelajaran 2010/2011. [online].

Irwan, Z.D. (2014). Prinsip-Prinsip Ekologi Ekosistem, Lingkungan dan Pelestariannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, Dewi. (2014). Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran SimetriLipat di Kelas IV SDN 02 Makmur JayaKabupaten Mamuju Utara. [Online]. Tersedia: Jurnal Kreatif Tadulako Vol.3 No.2.

Panusu, Yulin Dj, Muhamad Jamhari, dan Amran Rede. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Perkembangbiakan Pada Manusia di Kelas VI SDN Sansarino Kecamatan ampana Kota. Ampana: Tidak diterbitkan.

Postlethwait, John H. dan Janer L. Hopson. (2006). Modern Biology. [Online]. Tersedia: http://www.ebook-3000.com/download/431646-modern-biology-by-john-h-postlethwait.html. [10 Desember 2021]

Rasimin, M. (2018). METODOLOGI PENELITIAN: Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Penada Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantittif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. [Online]. Tersedia: http://onesearch.id/Author/Home?author=Sukmadinata%2C+Nana+Syaodih. [20 Januari 2022]

Suprapto, Purwari Kuswarini dan Diki. (2014). Buku Ajar Ekologi Hewan. Tasikmalaya: Tidak dipublikasikan.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Toto. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi. Ciamis: Tidak dipublikasikan.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Widodo, Ari. (2005). Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Bandung: Tidak diterbitkan.

Yamin, Martinis .(2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.

Panusu, Yulin. DJ, Muhammad Jamhari dan Amran Rede. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Keterampilam Proses Pada Pembelajaran Perkembangbiakan Pada Manusia di Kelas VI SDN Sansarino Kecamatan Ampana Kota. [Online]. Tersedia: Jurnal Kreatif Tadulako Vol.4 No.4 ISSN 2354-614X.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.