PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Penelitian di SMP IT Miftahul Huda II)

Nisa Zahroh Samsyiatul Hidayah, Yoyon Sutresna, Lia Yulisma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan One Group Pretest-posttest yang memberikan satu perlakuan terhadap subjek yang sama berupa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII A SMP IT Miftahul Huda II dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purpose sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kela VIII A yang berjumlah 32 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest untuk mengetahui hasil kognitif belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, N. (2003). “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Mata Pelajaran SLTP Melalui Pola Kolaboratif.” Jurnal Forum Pendidikan, 23(1): 13-27

Amir, M.Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.

Andayani, Y. (2018). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 1-13.

Bafadal, Ibrahim. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri

Greenstein, L.(2012). Assesing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ibrahim, M., dan Nur, M., (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Istoyono, Mardapi, D., & Suparno.(2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (PysTHOTS) peserta didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 18(1), 1-12.

Kurniawan, Deni. (2019) Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta.

M Taufik, Amir. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group

Priyatno, Duwi. (2010) Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, Purwanto dan Seri. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Malang. Vol.2(no.1), h.26.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotorik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Supa’at, Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Kudus: STAIN Kudus,2017), 39-40.

Suhartono dan Rosi Patma, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Pembelajaran Haji dan Umroh Melalui Penerapan Metode Advokasi, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.5, No.1 (2018) : 14.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat: Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.