PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Penelitian di SMP IT Miftahul Huda II)
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aisyah, N. (2003). “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Mata Pelajaran SLTP Melalui Pola Kolaboratif.” Jurnal Forum Pendidikan, 23(1): 13-27
Amir, M.Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.
Andayani, Y. (2018). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 1-13.
Bafadal, Ibrahim. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih. (2005). Model Discovery Learning. Jakarta: Pustaka Mandiri
Greenstein, L.(2012). Assesing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ibrahim, M., dan Nur, M., (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press
Istoyono, Mardapi, D., & Suparno.(2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (PysTHOTS) peserta didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 18(1), 1-12.
Kurniawan, Deni. (2019) Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta.
M Taufik, Amir. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group
Priyatno, Duwi. (2010) Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siregar, Purwanto dan Seri. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Malang. Vol.2(no.1), h.26.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, Endah. (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama
Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotorik: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Supa’at, Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam, (Kudus: STAIN Kudus,2017), 39-40.
Suhartono dan Rosi Patma, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Pembelajaran Haji dan Umroh Melalui Penerapan Metode Advokasi, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.5, No.1 (2018) : 14.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat: Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9121
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.