MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI PELAKSANAAN AKIKAH DAN KURBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IX-C SMP NEGERI 7 KUNINGAN

Rohiman Rohiman

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kuningan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Pelaksanaan Akikah dan Kurban melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran materi Pelaksanaan Akikah dan Kurban pada siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Kuningan yang ditandai dengan 1) Peningkatan aktivitas siswa ditunjukkan dengan skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 12,8 dengan kriteria “cukup” dan meningkat pada siklus II yang memperoleh skor rata-rata 15,6 dengan kriteria “cukup” dan kembali meningkat pada siklus III yang memperoleh skor rata-rata  20,3 dengan kriteria “baik”.dan 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah sikap spiritual dan sosial ditunjukkan dengan skor rata-rata siklus I yakni 5,1 dengan kriteria  “cukup”  dan  5,5  dengan  kriteria  “cukup”, meningkat pada siklus II menjadi 5,9 dengan kriteria “cukup” dan 5,8 dengan kriteria “cukup” kemudian meningkat pada siklus III menjadi 7,4 dengan kriteria “baik” dan 6,2 dengan kriteria “baik”   3) Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah  pengetahuan  dan  keterampilan  mengalami  peningkatan,  yaitu  pada siklus I, hasil belajar ranah pengetahuan sebesar 58,33% sedangkan pada ranah keterampilan sebesar 63,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 72,22% pada ranah pengetahuan dan 77,78% pada ranah keterampilan serta kembali meningkat menjadi 88,89% pada ranah pengetahuan dan 86,11% pada ranah keterampilan pada siklus III. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif digunakan pada pembelajaran materi Pelaksanaan Akikah dan Kurban.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadi, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make a Match di Kelas IX A SMP Negeri 2 Karau Kuala. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 1 (2), 91-98

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dasiti. (2021). Implementasi metode pembelajaran sq3r (survey, question, read, recite, review) dalam upaya meningkatkan hasil belajar biologi. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2 (2), 15-20

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Dikbud dan PMP Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik: Suatu Pendekatan Praktis Disertai Contoh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurinasih, Imas, dkk. (2014). Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Kata Pena.

Kusumah, Wijaya, dkk. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta Barat: PT Indeks.

Lukitasari, Hafizhah. (2015). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Mind Map untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Maretiana, D. N., Ilah., & Ruhyanto, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Contextual Teahing and Learning (CTLl) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Imu Pendidikan), 3(1), 183-190

Risyati. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI TKJ C SMK N 9 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah

Rosalina, Septarini, dkk. (2014). Penggunaan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penerapan Konsep Sifat-sifat Cahaya. Jurnal PGSD FKIP UNS. Vol.2, No.1. Hlm. 2-4. ISSN:2354-6441

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.9207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.