HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII MA AL HIKMAH BUNISEURI

Zulfa Khoerunisa, Tati Heryati, Utti Suwirta

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang dalam kemampuan dasar berhitung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika? 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi? 3) Apakah terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi? Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui; 1) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi. 3) Pengaruh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar mata pelajaran matematika berada pada kategori kurang. 2) Hasil belajar mata pelajaran akuntansi berada pada kategori kurang. 3) Hasil belajar mata pelajaran matematika berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ali, Hamzah. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Artikel dalam Jurnal:

Alinda Putri Palgunadi. (2014). Pengaruh Hasil Belajar Matematika, Ekonomi dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol 2, No. 2. [Online]. Tersedia: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9136 ] [5 September 2022]

Anita Nurul Fajriah, Junaidi H. Mastum, Achmadi. (2015). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol

, No 3. [Online]. Tersedia: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9307 [21 Desember 2021]

Dian Wulandari. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol 5, No. 2. [Online]. Tersedia:

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21201 [17 September 2022]

Nelly Budiyarti. (2020). Pengaruh Kualitas Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Riset teknologi dan Inovasi pendidikan (Jartika) Vol 3, No. 2. [Online]. Tersedia: https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/348 [5 September 2022]

Nurhayati, S.Pd., M.Pd. (2018). PENGARUH PERHITUNGAN BUNGA KREDIT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK SWASTA DI KOTA DEPOK. Jurnal STIE Ganesha (Manajemen dan Bisnis) Vol 2, No. 1. [Online]. Tersedia: https://stieganesha.e-journal.id/jurnal/article/view/22 [5 September 2022]

Nuri Fadilatul Laili. (2020). PENGARUH HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI, MATEMATIKA EKONOMI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol 8, No. 1. [Online]. Tersedia: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/35/article/view/31678 [5 September 2022]

Ria Norfika Yuliandari. (2019). Pengaruh kemampuan dasar Matematika terhadap hasil belajar Akuntansi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maliki Malang. Jurnal teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol 4, No. 1. [Online]. Tersedia: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/article/view/7501 [05 September 2022]

Priyougie, Ahsanul Haq, Linda Permanasari. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, Vol.1, No.1. [Online]. Tersedia: https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/IJAAF/article/view/1179 [28 Desember 2021]




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.9218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.