MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GULING DEPAN MENGGUNAKAN SPONGE SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN

Iwan Kustiawan

Sari


Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani yang dijadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Guling depan merupakan pembelajaan pada senam lantai. Hasil belajar guling depan pada siswa kelas IV SD Negeri Biru semester 1 tahun pelajaran 2018-2019masih rendah. Dengan KKM 75 pada kondisi awal hanya terdapat 7 dari 22 siswa yang tuntas (31,82%). Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar digunakan pembelajaran menggunakan sponge sebagai alat bantu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan sponge sebagai alat bantu pembelajaran pada siswa kelas IV. Hasil penelitian memperoleh data peningkatan rata-rata klasikal dari kondisi awal sebesar 63 menjadi 73 pada siklus I dan 78 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hanya sebesar 31,82%, pada siklus I mencapai 45,45% serta pada Siklus II meningkat mencapai 86,36%. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan guru penjasorkes untuk menerapkan pembelajaran melalui penggunaan sponge sebagai alat bantu pembelajaran serta memperhatikan kesesuaian materi dan karakteristik siswa, hendaknya guru memberikan bimbingan yang lebih intensif pada saat siswa mempraktikkan guling depan, sehingga gerakan yang dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Roji. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera.

Suwandi, S. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tim Abdi Guru. 2009. Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

Hardyanto, W., Purwinarko, A., Sudana, I. M., & Supraptono, E. 2018. Model Development of Management Information System of Internship, International Conference.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9314

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.