PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL MALAIKAT ALLAH

Aos Rosyad

Sari


Dalam prakteknya pembelajaran Agama Islam yang terjadi di sekolah- sekolah saat ini lebih menekankan pada metode mengajar secara informatif yaitu guru menjelaskan atau ceramah dan siswa mendengarkan atau mencatat, keadaan seperti ini membuat siswa kurang aktif dalam menemukan informasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Pemilihan metode dalam pembelajaran tentu sangat berpengaruh pada keaktifan siswa. Penerapan metode Make a Match akan lebih mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna karena adanya keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Melalui teknik ini, siswa juga akan terlatih untuk mengungkapkan gagasan, pendapat dan kritikan terhadap orang lain. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 2 Cisontrol . Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pra siklus dengan metode ceramah dengan hasil   nilai   rata- rata 73 dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 dengan ketuntasan siswa 38,89%. Tahap kedua siklus 1 hasil nilai rata-rata kelasnya 80 yang dicapai oleh 13 siswa yang tuntas dari 18 siswa. Dengan ketuntasan mencapai 72,22%. Tahap ketiga siklus II dengan nilai rata-rata kelas 80 yang dicapai oleh 16 siswa yang tuntas dari 18 siswa dengan ketuntasannya mencapai 88,89%. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan metode Make a Match pada siklus I dan II dapat diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara.

Dimyanti & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3 (1), 171-187.

Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rejeki, S. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Make A Match Pada Mata Pelajaran PAI Materi Perilaku Tercela Kelas VIII Smpn 4 Sungai Lilin. Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang.

Sudiani, N. P. 2019. Pengaruh Metode Make A Match dengan Media Flashcard Terhadap Self Efficacy Siswa Dalam Pertolongan Pertama Tersedak di SDN 1 Celuk. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan.

Yatim. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Seputar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), IKAPI: Universiti Press.

Zuhaerini. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9322

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.