MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN I CILAMPUNGHILIR TASIKMALAYA

Atikah Atikah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan siswa kelas IIB SDN I Cilampunghilir  Tasikmalaya  yang masih belum mampu mengembangkan ide atau gagasan yang dimiliki.Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan hasil belajar, dan mendeskripsikan kendala-kendala yang ditemui. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi.Penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan media benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis deskripsi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar dalam menyelesaikan tugas mengalami peningkatan pada siklus I dan II. Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 72.5%, dan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa mencapai 95%. Kendala yang ditemukan observer dan guru seperti masih ada siswa yang menggunakan bahasa ibu dalam menemukan kosa kata yang sesuai dengan objek yang dideskripsikan dan siswa masih malu-malu dalam mempresentasikan hasil kedepan kelas.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, H. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Aminuddin. 2001. Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ariffudin, M. H. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Metode Field Trip pada Siswa Kelas XI AK 4 SMK N 1 Sragen Tahun 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gie, T. L. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Gunawan, dkk. 1997. Belajar Mengarang: dari narasi hingga argumentasi untuk SMU dan umum. Jakarta: Erlangga.

Handayani, L. T. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Strategi Pembelajaran Langsung Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas X Keperawatan SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasnun, A. 2006. Pedoman Menulis untuk Siswa SMP dan SMA.Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9331

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.