PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI 60 METER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS V SDN 6 RANCAH

Nana Karyatna

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media permainan tradisional bentengan dan gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar Lari 60 m pada siswa kelas V SDN Kawedusan 2, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2019-2020? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan setiap siklus. Siswa kelas V SDN  6 Rancah yang berjumlah 28 siswa merupakan subjek penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah RPP, lembar observasi psikomotor, afektif dan kognitif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase ketuntasan siklus I 82,14%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,29%. Dari hasil analisis dapat dikatakan bahwa hasil belajar lari 60 m siswa kelas V SDN  6 Rancah meningkat dengan kategori baik. Dari hasil penelitian, saran yang direkomendasikan adalah (1) Guru penjasorkes harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi yang diajarkan sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan, dengan menambah beberapa faktor pendukung lainnya. Dan juga mencari ruang lingkup populasi yang berbeda dan lebih luas. Dengan demikian penelitian lanjutan tersebut dapat semakin memberikan gambaran yang lebih spesifik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hanief, Y. N. 2015. Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Journal of Sportif, 1(1), 60-73.

Guntur. 2009. Peranan Pendekatan Andragogis Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. (Online).

Margono, A., dkk. 2012. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Pendalaman Materi PENJAS. Modul PPLG Penjaskes Rayon 113, UNS Surakarta, Mei 2012. (online), tersedia: http://www.pendidikan- diy.go.id/, diunduh 27 November 2016.

Muhajir & Santoso, B. 2014. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Priardi, T. A. 2013. Model Pembelajaran Gerak Dasar Atletik Dengan Permainan Terminal Teaching Pada siswa Kelas III SDN 3 Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Tahun 2012. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya.

Samudra, C., dkk. 2014. Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Dan Gobag Sodor Terhadap Lari Jarak 60 Meter Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tasikmalaya. Jurnal UN Bina Darma Palembang. (Online) diakses pada 12 September 2017.

Sidik. 2010. Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: POR UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9333

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.