UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN PADA SISWA KELAS V SDN SITUJAYA

Enjang Hidayat

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan model pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada siswa kelas V SD Negeri Situjaya Kecamatan Culamega    Kebuman pada tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri Situjaya dengan jumlah siswa 22. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskripif dengan mean (rata-rata) dan persentase ketuntasan keseluruhan siswa. Hasil penelitian dari penerapan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri Situjaya dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata- rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari hasil pra siklus sebesar 66,72 pada siklus I rata-rata kelas naik menjadi 69,54 dan pada siklus II naik menjadi 77,72. Pada pra siklus persentase ketuntasan keseluruhan siswa sebesar 18% atau 4 dari 22 siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan keseluruhan siswa meningkat menjadi 50% atau 11 dari 22 siswa, kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 86% atau 19 dari 22 siswa. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar Matematika mulai tahap pra siklus, Siklus I dan Siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Situjaya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdorrakhman, G. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Ahmad, S. (2013). Pengertian Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anita, L. 2002. Cooperatif Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di ruang – ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Anitah, W. Sri., dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdikbud. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Djamarah., Syaiful, B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hernawan., Asep, H., dkk. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ibrahim, Muslimin., & Nur, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim & Suparni. (2012). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik, Sukses Offset.

Johar, P & Mulyani, S. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Kuswandi. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Sifat-Sifat Kesebangunan dan Simetri Bangun Datar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Siswa Kelas V SD SITUJAYA 2008/2009. Skripsi Mahasiswa Universitas Terbuka.

Kharisma, A. W., & Budiyono, dkk. 2014. Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatife Tipe TGT dan tingkat kecerdasan logika Matematika siswa kelas V SD Negeri sekecamatan Purwodadi tahun pelajaran 2013/ 2014. ISSN: 2339- 1685. Vol.2. No.1, hal 67-76.

Mulyasa. 2005. Hasil Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Gramedia.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2010. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nana Sudjana. (2010). Penilaiaan Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukma Dinata. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ruseffendi, E.T (1988a). Pengantar kepada Membantu Guru untuk mengembangkan kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung. Tarsito.

Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran dalam pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusna, R. 2006. Panduan Penelitian Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Puwokerto: UPBJJ Purwokerto.

Sarmin Sialon. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada siswa kelas V GKLB Sabang Kabupaten Bangai Kepulauan. Jurnal Kreatif (Online) Tadulako Vol.1 No.1, Http: Jurnal.untad.ac.id/indek.php/JKTO/Article/view/ 2513 (diunduh Selasa, 12 Mei 2015).

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipra.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9335

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.