Sari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn dengan menggunakan metode make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karanglayung Bantarkalong Tasikmalaya tahun 2018-2019. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Karanglayung yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada setiap siklus penelitian ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, motivasi belajar siswa indikator kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan berjumlah 8 dari 20 siswa atau 40%, siklus 1 berjumalah 13 dari 20 siswa atau 65% dan pada siklus II berjumalah 18 siswa atau 90% (2) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan berjumlah 7 dari 20 siswa atau 35%, siklus 1 berjumlah 12 dari 20 siswa atau 60%, dan pada siklus II berjumlah 16 dari 20 siswa atau 80% (3) mengemukakan ide atau gagasan berjumlah 4 dari 20 siswa atau 20%, siklus 1 berjumalah 9 dari 20 siswa atau 45% dan pada siklus II berjumlah 14 dari 20 siswa atau 70% (4) menanyakan materi yang belum dipahami berjumalah 9 dari 20 siswa atau 45%, siklus 1 berjumlah 12 dari 20 siswa atau 60% dan pada siklus 2 berjumlah 15 dari 20 siswa atau 75% (5) tekun dalam menghadapi tugas berjumlah 6 dari 20 siswa atau 30%. Siklus 1 berjumlah 14 dari 20 siswa atau 70% dan pada siklus II berjumlah 17 dari 20 siswa atau 85%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode make a match dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karanglayung Tahun Pelajaran 2018-2019.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bakry, MS, Noor. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah, Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2007.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Mansyur, Hamdan, dkk. 2002. Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: PT. Gandi Pustaka Utama.
Miles. B Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UIP.
Moleong, lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi & Risminawati. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif di SD. Surakarta: UMS.