UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM LANTAI ROLL DEPAN PADA SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

Mustopa Aripin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan senam lantai materi roll depan melalui penerapan pembelajaran cooperative learning jigsaw pada peserta didik kelas VI   SDN 1 Cikuya Kec.Culamega. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang digunakan berjumlah 38 orang. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan sendiri oleh peneliti melalui uji validitas dan persetujuan dari validator. Berdasarkan analisis data yang dilakukan sebelum diberi perlakuan, diperoleh rata-rata yaitu 71,7 sedangkan setelah diberi perlakuan mendapatkan rata-rata yaitu 79,7. Hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan namun sedikit. Sedangkan pada pelaksanaan siklus 2, terjadi peningkatan 39,5%, terlihat dari nilai pembelajaran senam lantai roll depan dari tes awal ke siklus 1 sampai siklus 2 mengalami peningkatan dengan kategori cukup.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


FIP-UPI, Tim, Pengembang, Ilmu, Pendidikan. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bagian 3 Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung: PT IMTIMA.

Husdarta, JS. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas/GRS. Jakarta: Grasindo.

Margono. Agus. (2009). Senam. Surakarta: UNS Press.

Nurhayati, Siti. 2015. Sekali Baca Langsung Inget Ulanagan Harian dan Smesteran SD Kelas 4. Jakarta: Niaga Swadaya.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Jakarta: Litera.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9339

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.