METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENDESKRIPSIKAN TERJADINYA GERHANA MATAHARI DAN GERHANA BULAN DI SDN 3 SITUMANDALA

Rosih Rosih

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa VI SD Negeri 3 Situmandala kecamatan Rancahi Kabupaten Ciamis. Penerapn metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran dimungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan gerhana bulan dan matahari. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri 3 Situmandala. dilaksanakan dua siklus, dengan acuan setiap siklus dilakukan sekali pertemuan pembelajaran. Sedang teknik pengumpulan data dengan pengambilan tes di akhir pembelajaran, serta menganalisis data kuantitatif menggunakan metode analitis deskritif komparatif, dengan membandingkan masing-masing siklus. Subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 3 Situmandala dengan jumlah sebanyak 14 siswa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi, hasil belajar siswa menunjukkan ada kenaikan pada setiap tahapan siklus. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan dari kondisi awal siswa yang tuntas adalah 57%, pada saat siklus I menjadi 79%, sedangkan pada siklus II mencapai 86%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apolo Lestari.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Gunarsa,

Singgih D. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Walgito, B. (1981). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM,.

Djalil Aria, dkk. (2011). Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta. Kencana Prenanda Group.

Hatimah Ihat, dkk. (2010). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Poerwadarminta. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Taufik, A., dkk. (2011). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar, Jakarta: Universitas Terbuka.

Salahuddin, M. (1990). Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu. Hamalik, O. (2001), Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algessindo.

TIM-FKIP. (2009). Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)- PGSD. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Bloom, Benyamin. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Brownell, William. (2012). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan. Penerbit: Universitas Terbuka.

Direktorat Ketenagaan. (2009). Perspektif Pendidikan SD. Jakarta. Penerbit: Universitas Terbuka.

Gagne. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Gestalt. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Joyce, Bruce., & Weil, Marsha (2014). Pembelajaran Kelas Rangkap. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.