PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SDN 4 CIKUNIR

Suhendro Suhendro

Sari


Penelitian ini berangkat dari latar belakang sebagian besar siswa kesulitan belajar ilmu pengetahuan alam karena guru kurang menekankan keterampilan proses dalm pembelajaran., sehingga siswa sulit memahaminya. Akibatnya hasil belajar siswa cenderung rendah pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran quantum teaching, bagaimanakah aktivitas guru dalam pembelajaran quantum teaching, dan Apakah penerapan pembelajaran quantum teaching dapat menigkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 4 Cikunir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan pqmbelajaran quantum teaching terhadap peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative buatan pada siswa kelas VI SDN 4 Cikunir. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Cikunir. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif, sedangkan pengumpulan datanya melalui observasi dan tes. Rancangan penelitiannya mencakup empat langkah utamanya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang baik dalam pembelajaran dan guru telah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, terlihat dari meningkatnya persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 20,8% yaitu dari 62,5% menjadi 83,3%. Rata-rata nilai siswa meningkat 9,2 yaitu dari 67,1 pada siklus I menjadi 76,3 pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran quantum teaching dapat menigkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 4 Cikunir.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S., dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Ceppy Saffrudin Abdul Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Mangunreja: Insan Cendekia.

Bundu, Patta. 2006. Evaluasi Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Darmodjo. 1993. Pembelajaran IPA Kontenporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional (2006) Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal manajeme Pendidikan Dasar dan Menengah.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, Sarah S.N. 2003. Quantum Teching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Terjemahan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Harminingsih. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http : // harminingsih.blogspot. com/2008/08/faktor-faktor-yang- mempengaruhi-hasil.html/diakses pada tanggal 29 Januari 2011.

Lusina, Basilia E. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri Lidah Kulon V Mangunreja. Skripsi tidak diterbitkan. Mangunreja: FIP Unesa.

Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nizbah, Faizal. 2013. Hakikat IPA. http :// faizalnizbah. Blogspot .com/ 2013/05/ hakikat-ipa.html/ diakses pada tanggal Februari 2014.

Purwanto, M. Ngalim. 2002. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rositawaty, S. & Aris Muharam. (2008). Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas VI Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: PT.JePe Press Media Utama.

Slavin, R.E. 2018. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9344

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.