Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Bola Voli

Dede Nurodin, Subarna Subarna, Maylana Sudharma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran bola voli dapat digunakan sebagai alat efektif dalam membangun karakter siswa sekolah dasar, dengan fokus pada nilai-nilai seperti disiplin, kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab. Menggunakan metode studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi secara mendalam proses pembelajaran di tiga sekolah dasar di Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Subang. Instrumen penelitian meliputi kuesioner, observasi langsung, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Data dikumpulkan dari 90 siswa, 9 guru pendidikan jasmani, dan 15 orang tua siswa, dengan teknik analisis kualitatif untuk mengidentifikasi pola dan tema terkait penerapan nilai-nilai karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bola voli secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam berkolaborasi, berdisiplin, jujur, dan bertanggung jawab, serta membantu mereka mengelola emosi dalam menghadapi kekalahan dan kemenangan. Penelitian ini juga mengidentifikasi kebutuhan untuk peningkatan integrasi elemen karakter dalam kurikulum, pelatihan guru yang memadai, dan fasilitas yang berkualitas. Kesimpulannya, bola voli merupakan alat yang efektif dalam pembangunan karakter siswa, dan rekomendasi disarankan untuk pendekatan kurikulum yang lebih terstruktur dan komprehensif dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.