Systematic Literature Review: Metode Pembelajaran PJOK yang Efektif untuk Meningkatkan Disiplin Belajar

Ahmad Murjani, Mashud Mashud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis metode pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Disiplin belajar dalam konteks PJOK tidak hanya dimaknai sebagai kepatuhan terhadap aturan, tetapi juga mencakup tanggung jawab, konsistensi, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review dengan menelaah 20 artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2024, yang diperoleh dari database seperti Google Scholar, ERIC, dan DOAJ. Proses seleksi artikel dilakukan melalui tahapan identifikasi, screening, eligibility, dan inklusi berdasarkan kriteria tertentu, seperti fokus pada metode pembelajaran PJOK dan indikator peningkatan kedisiplinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran aktif seperti pendekatan bermain, model pembelajaran kooperatif, dan pendekatan kontekstual secara konsisten mampu meningkatkan aspek disiplin belajar siswa melalui peningkatan keterlibatan, tanggung jawab individu, dan kolaborasi kelompok. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru PJOK dalam memilih strategi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan keterampilan motorik, tetapi juga membentuk karakter disiplin siswa secara menyeluruh.    

Keywords

Systematic Literature Review, disiplin belajar, pembelajaran aktif.

Full Text:

PDF

References

Aditama, Z., & Hidayat, T. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams-Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Ketepatan Service Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(01), 41–44.

Adiyatma, M. R. (2023). Peran Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan di Indonesia: Analisis Pengaruhnya terhadap Pengembangan Etika Dan Moral. National Conference for Ummah, 01(01), 222–226.

Agustama, B. R., Jamaludin, U., & Fitrayadi, D. S. (2022). Penerapan Nilai Nilai Karakter Disiplin dan Kerja Keras dalam Kegiatan Latihan Futsal Di Sekolah Futsal T Futsal Academy. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 391–401.

Aji, L. J., Hendrawati, T., Febrianti, R., Wulandari, N. D., Gilaa, T., Abdullah, G., Lisa Rukmana, M.Pd. | Taufikur Rohman, S.Pd., M. P., & Dr. Abdul Sahib, S.Pd.I., M. Pd. | Rufiati Simal, S.Pd., M. P. (2024). Model-Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.

Denoar, P. (2023). DJS ( Dharmas Journal of Sport ) SURVEI TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SEDAYU Dyas Genta Denoar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , Universitas Mercu Buana. 2, 66–73.

Fauzi, M., & Winarno, M. E. (2023). Efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat SMP pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(2), 84–96. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.164

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Khasanah, N., & Muhammad, H. N. (2021). Respon Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Khususnya Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 259–265. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Lusiantri, L., & Mashud, M. (2023). Integrasi model pembelajaran PjBL dengan inklusi dalam pembelajaran lompat jauh. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 45. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16318

Mashud, Raihan Wahyudi, Ma’ruful Kahri, M. (2022). The role of physical literacy on physical fitness. … Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 104–109. https://scholar.archive.org/work/edskqbhzcrgb3ggjpvvtbmr2x4/access/wayback/https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/download/10684/7997

Mashud,Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.

Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Mashud, M., Arifin, S., Warni, H., Samodra, Y Touvan, J., Yosika, G. F., Basuki, S., Suryadi, D., & Suyudi, I. (2024). Physical Fitness: Effects of active lifestyle internalization through physical literacy awarenes based project. Retos, 52, 1299–1308.

Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., Antes, G., Atkins, D., Barbour, V., Barrowman, N., Berlin, J. A., Clark, J., Clarke, M., Cook, D., D’Amico, R., Deeks, J. J., Devereaux, P. J., Dickersin, K., Egger, M., Ernst, E., Gøtzsche, P. C., … Tugwell, P. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097

Muhammad Eka Asti Suseno, Olivia Dwi Cahyani, & Mohamad Da’i. (2022). Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(1), 70–76. https://doi.org/10.32665/citius.v2i1.453

Mulya, Z. A., Putri, I. K. K., Chadjijah, S., & Hariyanto, T. (2024). Strategi Inovatif Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP: Perspektif Kognitif Piaget. Kharismatik : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 108–119. https://doi.org/10.70757/kharismatik.v2i2.94

Mustanir, A., Muhammad Rais Rahmat Razak, Koisin, E., Erfina, Mochamad Rizki Fitrianto, Lestari, A., Rizkia, N. D., Aries Samudra Wicaksono, S., M., Prastya, I. Y., Syamsuadi, A., Waliah, S., Pakpahan, R. R., Kusnadi, I. H., Rahman, M., Mouw, E., & Baihaqi, M. R. (2022). Pengantar Ilmu Administrasi Publik. In Birokrasi Administrasi.

Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam. A, E. A. (2023). Systematic Literature Review (Slr) : Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 209–219. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743

Owen, C. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from a Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027

Putri, W. K., Sofwan, M., & Noviyanti, S. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Integrasi Teknologi Pada Siswa Kelas IV SD N 124/VIII Sidorejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 46–52. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3861/2524

Ramayanti, R. (2023). Langkah Demi Langkah Systematic Literature Review dan Meta-Analysis. RAJAWALI PERS Divisi Buku Perguruan Tinggi PT RajaGrafindo Persada D E P O K. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Saputra, R. A., & Suroto. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Pembelajaran Lompat Jauh dalam Mata Pelajaran PJOK pada Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 391–396.

Ummah, M. S. (2019). PERBEDAAN PERILAKU DISPLIN DALAM PEMBELAJARAN PJOK ANTARA SISWA AKTIF EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN TIDAK PADA SISWA KELAS XI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Wulandari, F. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 125–139. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-10

Yuliana, A., & Sugiharto. (2019). Survei Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet SSB Putra Tugumuda Semarang Usia 14 Tahun. Journal of Sport Sciences and Fitness, 5(1), 14–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.