Systematic Literature Review: Metode Pembelajaran PJOK yang Efektif untuk Meningkatkan Disiplin Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, Z., & Hidayat, T. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Teams-Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Ketepatan Service Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02(01), 41–44.
Adiyatma, M. R. (2023). Peran Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan di Indonesia: Analisis Pengaruhnya terhadap Pengembangan Etika Dan Moral. National Conference for Ummah, 01(01), 222–226.
Agustama, B. R., Jamaludin, U., & Fitrayadi, D. S. (2022). Penerapan Nilai Nilai Karakter Disiplin dan Kerja Keras dalam Kegiatan Latihan Futsal Di Sekolah Futsal T Futsal Academy. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 391–401.
Aji, L. J., Hendrawati, T., Febrianti, R., Wulandari, N. D., Gilaa, T., Abdullah, G., Lisa Rukmana, M.Pd. | Taufikur Rohman, S.Pd., M. P., & Dr. Abdul Sahib, S.Pd.I., M. Pd. | Rufiati Simal, S.Pd., M. P. (2024). Model-Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.
Denoar, P. (2023). DJS ( Dharmas Journal of Sport ) SURVEI TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SEDAYU Dyas Genta Denoar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan , Universitas Mercu Buana. 2, 66–73.
Fauzi, M., & Winarno, M. E. (2023). Efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat SMP pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(2), 84–96. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.164
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Khasanah, N., & Muhammad, H. N. (2021). Respon Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Khususnya Mata Pelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 259–265. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Lusiantri, L., & Mashud, M. (2023). Integrasi model pembelajaran PjBL dengan inklusi dalam pembelajaran lompat jauh. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 45. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16318
Mashud, Raihan Wahyudi, Ma’ruful Kahri, M. (2022). The role of physical literacy on physical fitness. … Jasmani Dan Olahraga, 7(1), 104–109. https://scholar.archive.org/work/edskqbhzcrgb3ggjpvvtbmr2x4/access/wayback/https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/download/10684/7997
Mashud,Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.
Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.
Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
Mashud, M., Arifin, S., Warni, H., Samodra, Y Touvan, J., Yosika, G. F., Basuki, S., Suryadi, D., & Suyudi, I. (2024). Physical Fitness: Effects of active lifestyle internalization through physical literacy awarenes based project. Retos, 52, 1299–1308.
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., Antes, G., Atkins, D., Barbour, V., Barrowman, N., Berlin, J. A., Clark, J., Clarke, M., Cook, D., D’Amico, R., Deeks, J. J., Devereaux, P. J., Dickersin, K., Egger, M., Ernst, E., Gøtzsche, P. C., … Tugwell, P. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Medicine, 6(7). https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097
Muhammad Eka Asti Suseno, Olivia Dwi Cahyani, & Mohamad Da’i. (2022). Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(1), 70–76. https://doi.org/10.32665/citius.v2i1.453
Mulya, Z. A., Putri, I. K. K., Chadjijah, S., & Hariyanto, T. (2024). Strategi Inovatif Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP: Perspektif Kognitif Piaget. Kharismatik : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 108–119. https://doi.org/10.70757/kharismatik.v2i2.94
Mustanir, A., Muhammad Rais Rahmat Razak, Koisin, E., Erfina, Mochamad Rizki Fitrianto, Lestari, A., Rizkia, N. D., Aries Samudra Wicaksono, S., M., Prastya, I. Y., Syamsuadi, A., Waliah, S., Pakpahan, R. R., Kusnadi, I. H., Rahman, M., Mouw, E., & Baihaqi, M. R. (2022). Pengantar Ilmu Administrasi Publik. In Birokrasi Administrasi.
Norlita, D., Nageta, P. W., Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., Fakhriyah, F., & Ismayam. A, E. A. (2023). Systematic Literature Review (Slr) : Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(1), 209–219. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i1.743
Owen, C. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from a Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027
Putri, W. K., Sofwan, M., & Noviyanti, S. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Integrasi Teknologi Pada Siswa Kelas IV SD N 124/VIII Sidorejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 46–52. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3861/2524
Ramayanti, R. (2023). Langkah Demi Langkah Systematic Literature Review dan Meta-Analysis. RAJAWALI PERS Divisi Buku Perguruan Tinggi PT RajaGrafindo Persada D E P O K. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Saputra, R. A., & Suroto. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Pembelajaran Lompat Jauh dalam Mata Pelajaran PJOK pada Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 391–396.
Ummah, M. S. (2019). PERBEDAAN PERILAKU DISPLIN DALAM PEMBELAJARAN PJOK ANTARA SISWA AKTIF EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN TIDAK PADA SISWA KELAS XI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Wulandari, F. (2021). Desain Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 125–139. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.11-10
Yuliana, A., & Sugiharto. (2019). Survei Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet SSB Putra Tugumuda Semarang Usia 14 Tahun. Journal of Sport Sciences and Fitness, 5(1), 14–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf
Refbacks
- There are currently no refbacks.