Transformasi Pembelajaran PJOK: Peran Media Interaktif Terhadap Motivasi Peserta Didik

Moh. Wahyu Budi Sampurno, Mochamad Ridwan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran kuis interaktif, khususnya aplikasi Canva, mempengaruhi motivasi peserta didik untuk belajar tentang topik sepak bola dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di sekolah dasar. Rendahnya motivasi peserta didik untuk belajar tentang sepak bola dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif adalah fokus penelitian ini. Melibatkan 61 siswa kelas VI di salah satu sekolah Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Bungah Gresik, metode pre-eksperimental yang menggunakan Desain Satu Grup Pretest-Posttest digunakan. Angket motivasi belajar untuk digunakan instrumen penelitian, memiliki nilai validitas 0,32-0,73, lebih tinggi dari r tabel (0,28), dan nilai reliabilitas 0,90. Hasilnya rata-rata motivasi belajar meningkat dari 19,26 menjadi 25,44, dan hasil Uji-t Sampel Berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlaķuan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, kuis interaktif berbasis Canva telah terbukti meningkatkan keinginan peserta didik untuk belajar PJOK dan menciptakan lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan, dan relevan. 

References

Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087

Alfi Hidayat, R., & Darmawan, G. (2019). Pengaruh Metode Latihan Passing Permainan Sepak Bola Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 331–335.

Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38604

Ariawan, I. K. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 245–251. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66639

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Awaliyyah, U. A., Irawan, F. A., Rahesti, N., Gulsirirat, P., & Pamungkas, A. T. (2023). Sepakbola 7 lawan 7: Anak berkebutuhan khusus dan prestasi. Sepakbola, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v3i2.289

Azfar, F., & Sutiah, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Avatar Berbasis Artificial Intellegence (AI) Bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v6i4.5193

Burhan, Z., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Mpa’a Gelu Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran PJOK Di SD Negeri 1 Dompu. Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.59584/jurnalpjkr.v1i1.17

Daniati, N., Novianti, Y., & Mashuri, K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5611–5617. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2547

Faradila, E. Z., Ihsani, H., Sopiah, R. N., Syahidah, S. M., Dealova, Z. K., & Mulyana, A. (2024). Efektivitas Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran PJOK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3119–3128. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1242

Faslah, R., Marsofiyati, Eryanto, H., Amirul Adha, M., Purwana, D., Dewi Karyaningsih, P., & Ikhwan, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Dosen. 7(5), 239–246.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Hernawati, Robandi, B., & Sukaesih. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 316–321. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20747

Ikhlas, R. Z., Japakiya, R., & Muzayanah, T. (2023). Utilization of Canva Application as a Learning Media Video Creation. Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(3), 158–169. https://doi.org/10.70177/jssut.v1i3.558

Liestyawati, P. (2024). Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika: Studi Meta Analisis Learning Motivation and Learning Achievement in Mathematics Learning: A Meta analysis Study. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 6(2), 122–130. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v6i2.4965

Mawa, M. N. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sepakbola Dengan Menggunakan Permainan Sepakbola Mini Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Iligetang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(11), 9–13. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/154

Muchamad Arif Al Ardha, M., Chang-Bin Yang, C., Adhe, K., Putra, K., Khory, F., & Harianto, T. (2018). Physical Education Curriculum for Early Childhood: Developing Students’ Manipulative Skills in Soccer. Proceedings of the 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017). https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.59

Mulyana, A., Salsabila, F., Sundari, M. A., Sofiyani, N. E., Fajar, R. N., Rahayu, R., & Fujiyanah, T. S. (2024). Tantangan dan Strategi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar: Menuju Generasi Aktif dan Sehat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2671–2680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1125

Mustakim, A., Halik, A., Akib, M., Saleh, M., Kaharuddin, K., & Ismail, I. H. (2024). Korelasi Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 898–908. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-20

Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935

Nur, L., Ginanjar, A., Malik, A. A., & Pingon, L. (2021). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 11(2), 205. https://doi.org/10.35194/jm.v11i2.1843

Nurokhman, M. H., Ridwan, M., Ningsih, Y. F., & Dinata, V. C. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Video Berbasis Canva terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 373–381. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2918

Pirman, P., & Iratutisisilia, I. (2023). Pemanfaatan Video Pembelajaran melalui Media Pembelajaran Passing pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas V SD Negeri 3 Petuk Katimpun. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10, 133–142. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/493%0Ahttps://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/download/493/236

Pranowo, A. D., Setiawan, I., & Sagitarius, A. P. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Quizizz Kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Keolahragaan, 3(02), 105–113. https://doi.org/https://doi.org/10.2024/ns.v3i02.2025_P105-113

Rahma Ndhanni, A., & Ridwan, M. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sepakbola. Jurnal Dunia Pendidikan, 6(1), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jurdip.v6i1.4022

Rahmawati, L., Suharni, Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan AAplikasi Canva Dalam Penyusunan Media. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.

Ramadhani Putra, F., & Ridwan, M. (2025). Efektivitas Media Video Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Dalam Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(3), 260–269. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i03.7520

Ramzy, F., Bachtirar, & Maulana, F. (2024). Pengembangan E-Modul Materi Sepak Bola Berbentuk Flipbook pada Sekolah menengah Pertama (SMP Kelas IX di SMP Negeri 6 Sukabumi. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 87–116. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i4.3238

Rozi, M. F., Putra, J., Suwirman, S., & Arsil, A. (2023). Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 143–153. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11011

Salsabila, D., Hartoto, S., & Arief, N. A. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Motivasi Belajar Materi Renang. Jurnal Porkes, 8(2), 954–964. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i2.31057

Sanjaya, M. A., Akbar, M. T., & Hermansah, B. (2024). Pengembangan Media Animasi dalam Permainan Sepak Bola Sebagai Motivasi dan Keterampilan dalam Pembelajaran Sepak Bola. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 931–941. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.813

Sari, R., Jannah, F., Radiansyah, R., Hasanah, M., Diani, N. A., & Puspita, P. M. (2022). Improve Student Motivation, Activity, and Learning Outcomes Using a Combination of Group Investigation, Number Head Together, and Make a Match Models in Elementary School. International Journal of Social Science And Human Research, 05(11). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i11-39

Sukendro, S., Suminah, S., Zurweni, Z., & Yuliawan, E. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Olahraga Permainan Kecil Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PRESTASI, 6(1), 7. https://doi.org/10.24114/jp.v6i1.34506

Sukma Wijaya, D., & Romadhan, I. (2024). Analisis Difusi Inovasi Penggunaan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran Di Sdn Putat Jaya Ii/378 Surabaya. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 4(02), 39–45. https://doi.org/10.69957/relasi.v4i02.1593

Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71

Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487

Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 1, 732–742.

Tarigan, H., Cahyadi, A., & Siswoyo, J. (2021). Dribbling skills training model in football games for elementary school age. Journal of Education, Health and Sport, 11(8), 405–411. https://doi.org/10.12775/JEHS.2021.11.08.045

Twiska Naufal Arsyah Ghiffari, & Ridwan, M. (2023). Penerapan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Sepakbola. Jurnal Penjakora, 10(2), 73–79. https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.65860

Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.