Transformasi Pembelajaran PJOK: Peran Media Interaktif Terhadap Motivasi Peserta Didik
Abstract
References
Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1087
Alfi Hidayat, R., & Darmawan, G. (2019). Pengaruh Metode Latihan Passing Permainan Sepak Bola Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 331–335.
Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38604
Ariawan, I. K. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Model Addie Pada Materi Passing Control Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 245–251. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.66639
Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809
Awaliyyah, U. A., Irawan, F. A., Rahesti, N., Gulsirirat, P., & Pamungkas, A. T. (2023). Sepakbola 7 lawan 7: Anak berkebutuhan khusus dan prestasi. Sepakbola, 3(2), 69–76. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v3i2.289
Azfar, F., & Sutiah, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Avatar Berbasis Artificial Intellegence (AI) Bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v6i4.5193
Burhan, Z., & Hidayat, T. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Mpa’a Gelu Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran PJOK Di SD Negeri 1 Dompu. Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.59584/jurnalpjkr.v1i1.17
Daniati, N., Novianti, Y., & Mashuri, K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5611–5617. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2547
Faradila, E. Z., Ihsani, H., Sopiah, R. N., Syahidah, S. M., Dealova, Z. K., & Mulyana, A. (2024). Efektivitas Penerapan Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran PJOK. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3119–3128. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1242
Faslah, R., Marsofiyati, Eryanto, H., Amirul Adha, M., Purwana, D., Dewi Karyaningsih, P., & Ikhwan, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Dosen. 7(5), 239–246.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hernawati, Robandi, B., & Sukaesih. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 316–321. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20747
Ikhlas, R. Z., Japakiya, R., & Muzayanah, T. (2023). Utilization of Canva Application as a Learning Media Video Creation. Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(3), 158–169. https://doi.org/10.70177/jssut.v1i3.558
Liestyawati, P. (2024). Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika: Studi Meta Analisis Learning Motivation and Learning Achievement in Mathematics Learning: A Meta analysis Study. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 6(2), 122–130. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v6i2.4965
Mawa, M. N. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sepakbola Dengan Menggunakan Permainan Sepakbola Mini Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Iligetang. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(11), 9–13. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/154
Muchamad Arif Al Ardha, M., Chang-Bin Yang, C., Adhe, K., Putra, K., Khory, F., & Harianto, T. (2018). Physical Education Curriculum for Early Childhood: Developing Students’ Manipulative Skills in Soccer. Proceedings of the 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017). https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.59
Mulyana, A., Salsabila, F., Sundari, M. A., Sofiyani, N. E., Fajar, R. N., Rahayu, R., & Fujiyanah, T. S. (2024). Tantangan dan Strategi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar: Menuju Generasi Aktif dan Sehat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2671–2680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1125
Mustakim, A., Halik, A., Akib, M., Saleh, M., Kaharuddin, K., & Ismail, I. H. (2024). Korelasi Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 898–908. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-20
Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935
Nur, L., Ginanjar, A., Malik, A. A., & Pingon, L. (2021). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 11(2), 205. https://doi.org/10.35194/jm.v11i2.1843
Nurokhman, M. H., Ridwan, M., Ningsih, Y. F., & Dinata, V. C. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Video Berbasis Canva terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 373–381. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2918
Pirman, P., & Iratutisisilia, I. (2023). Pemanfaatan Video Pembelajaran melalui Media Pembelajaran Passing pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas V SD Negeri 3 Petuk Katimpun. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10, 133–142. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/493%0Ahttps://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/download/493/236
Pranowo, A. D., Setiawan, I., & Sagitarius, A. P. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Quizizz Kelas IV SDN Jagalan 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Keolahragaan, 3(02), 105–113. https://doi.org/https://doi.org/10.2024/ns.v3i02.2025_P105-113
Rahma Ndhanni, A., & Ridwan, M. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sepakbola. Jurnal Dunia Pendidikan, 6(1), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jurdip.v6i1.4022
Rahmawati, L., Suharni, Ambulani, N., Febrian, W. D., Widyatiningtyas, R., & Rita, R. S. (2024). Pemanfaatan AAplikasi Canva Dalam Penyusunan Media. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.
Ramadhani Putra, F., & Ridwan, M. (2025). Efektivitas Media Video Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Dalam Pembelajaran Sepak Bola. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(3), 260–269. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i03.7520
Ramzy, F., Bachtirar, & Maulana, F. (2024). Pengembangan E-Modul Materi Sepak Bola Berbentuk Flipbook pada Sekolah menengah Pertama (SMP Kelas IX di SMP Negeri 6 Sukabumi. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 87–116. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i4.3238
Rozi, M. F., Putra, J., Suwirman, S., & Arsil, A. (2023). Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 143–153. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11011
Salsabila, D., Hartoto, S., & Arief, N. A. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Motivasi Belajar Materi Renang. Jurnal Porkes, 8(2), 954–964. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i2.31057
Sanjaya, M. A., Akbar, M. T., & Hermansah, B. (2024). Pengembangan Media Animasi dalam Permainan Sepak Bola Sebagai Motivasi dan Keterampilan dalam Pembelajaran Sepak Bola. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 931–941. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.813
Sari, R., Jannah, F., Radiansyah, R., Hasanah, M., Diani, N. A., & Puspita, P. M. (2022). Improve Student Motivation, Activity, and Learning Outcomes Using a Combination of Group Investigation, Number Head Together, and Make a Match Models in Elementary School. International Journal of Social Science And Human Research, 05(11). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i11-39
Sukendro, S., Suminah, S., Zurweni, Z., & Yuliawan, E. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Olahraga Permainan Kecil Pada Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PRESTASI, 6(1), 7. https://doi.org/10.24114/jp.v6i1.34506
Sukma Wijaya, D., & Romadhan, I. (2024). Analisis Difusi Inovasi Penggunaan Media Canva Sebagai Media Pembelajaran Di Sdn Putat Jaya Ii/378 Surabaya. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 4(02), 39–45. https://doi.org/10.69957/relasi.v4i02.1593
Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71
Syafriadi, S., Lalu Sapta Wijaya Kusuma, & Rusdiana Yusuf. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487
Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 1, 732–742.
Tarigan, H., Cahyadi, A., & Siswoyo, J. (2021). Dribbling skills training model in football games for elementary school age. Journal of Education, Health and Sport, 11(8), 405–411. https://doi.org/10.12775/JEHS.2021.11.08.045
Twiska Naufal Arsyah Ghiffari, & Ridwan, M. (2023). Penerapan Multimedia Interaktif Terhadap Minat Belajar Sepakbola. Jurnal Penjakora, 10(2), 73–79. https://doi.org/10.23887/jurnalpenjakora.v10i2.65860
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2965
Refbacks
- There are currently no refbacks.




