Upaya Meningkatkan Kemampuan Sepak Bola Siswa Melalui Metode Demonstrasi
Autor(s): Wasingun Wasingun
DOI:
10.25157/jkor.v6i2.4934
Abstract
Sebuah penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di kelas VA SD Negeri 1 Pamarican tahun pelajaran 2019/2020 yaitu menerapkan metode demonstrasi dalam mata pelajaran PJOK pada kompetensi sepak bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan sepak bola siswa kelas VA SD Negeri 1 Pamarican tahun pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan sepak bola siswa kelas VA SD Negeri 1 Pamarican tahun pelajaran 2019/2020. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan sepak bola siswa kelas VA SD Negeri 1 Pamarican tahun pelajaran 2019/2020, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Pamarican tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap pokok, yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul menyatakan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan sepak bola siswa kelas VA SD Negeri 1 Pamarican tahun pelajaran 2019/2020. Dari data yang dikumpulkan dari tindakan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, peneliti melihat adanya peningkatan dalam jumlah persentase siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 87.5%. Sedangkan peningkatan yang terjadi pada persentase penguasaan materi adalah sebesar 27.5%.A classroom action research has been carried out in the VA class of SD Negeri 1 Pamarican in the 2019/2020 academic year, namely applying the demonstration method in PJOK subjects on football competence. The purpose of this study was to describe the learning process through the demonstration method to improve the football skills of the VA class students of SD Negeri 1 Pamarican for the 2019/2020 academic year and to determine the effectiveness of demonstration methods to improve the football skills of VA class students of SD Negeri 1 Pamarican in the 2019/2020 academic year 2020. The variable that is the target of change in this study is the football ability of the VA class students of SD Negeri 1 Pamarican in the 2019/2020 school year, while the action variable used in this study is the demonstration method. The form of this research is classroom action research which takes place in two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementing actions, observing and reflecting. The research subjects were 24 students of class VA SD Negeri 1 Pamarican in the 2019/2020 academic year. The data collection techniques used were observation and tests. Observation data were analyzed qualitatively. The data analysis technique consists of three main stages, namely data reduction, data exposure and drawing conclusions. The data collected states that the demonstration method can improve the football skills of VA class students of SD Negeri 1 Pamarican for the 2019/2020 school year. From the data collected from the pre-cycle action, cycle 1, and cycle 2, the researcher saw an increase in the percentage of students who scored above the KKM by 87.5%. Meanwhile, the increase in the percentage of mastery of the material was 27.5%.
Keywords
Metode demonstrasi, PJOK, Sepakbola
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darwyn Syah. 2007. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Gaung Persada Press.
Diknas. 2003. Perencanaan dan Strategi Penjas. Jakarta.
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J. & Moedjiono. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Husdarta dan Yudha M. Saputra, M. Ed. 2000. Belajar dan Pembelajaran.
Luxbacher, Joseph A. 2004. Sepakbola. Edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin M. Ed. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soekatamsi. 1997. Permainan Besar I Sepakbola. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjarwo, Iwan dan Nurdin, Enur. 2005. Permainan Sepakbola. Diktat. Tasikmalaya: PJKR FKIP Universitas Siliwangi.