Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Sri Solihah, Yoni Sunaryo

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting untuk dikembangakan pada proses berpikir matematis siswa. Banyak artikel penelitian yang membahas tentang kemampuan berpikir kreatif matematis. Oleh karena itu, perlu dilakukan tinjauan sistematis terhadap indikator berpikir kreatif matematis. Tinjauan ini mensintesis temuan dari penelitian yang ada dari berbagai pendekatan yang digunakan. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan dan mereview semua artikel yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 artikel jurnal nasional terakreditasi dan tidak terakreditasi yang diperoleh dari database Google Scholar Hasil tinjauan pustaka menunjukan bahwa indikator kemampuan berpikir kreatif matematis fluency, flexibility dan novelty (originality and elaboration) serta kemampuan berpikir kreatif matematis dapat ditingkatkan melalui berbagai pendekatan pembelajaran.

Keywords

Sistematis; Literature Review; Kemampuan Berpikir Kreatif; Matematis;

Full Text:

PDF

References

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130.

Harahap, T. H., Mushlihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 377003.

Komarudin, D. 2011. Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (1): 278-287.

Malaka, S. (2011). Tips Cerdas dan Efektif Berpikir Positif dan Berjiwa Besar.Yogyakarta: Araska.

Moma, L (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1). DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v4i1.142

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Noer, S. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). doi: https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47-53.

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512-525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems 1(2), 63.

Yasiro, L. R., Wulandari, F. E., & Fahmi, F. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pemanasan global berdasarkan prestasi siswa. Journal of Banua Science Education, 1(2), 69-72.

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.