Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika

Nazla R. Khoerunnissa, Yoni Sunaryo, Nur Eva Zakiah

Abstract

Media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang bisa dipakai untuk menumbuhkan minat, pikiran, perhatian, dan perasaan peserta didik sehingga akan mendorong terjadinya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep matematika apa saja yang dihasilkan pada permainan tradisional engklek yang nantinya dijadikan media pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Lebaksiuh dengan subjek penelitian yaitu 12 orang siswa kelas VI. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif pendektan etnografi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu menggunakan teknis analisis data : (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam permainan tradisional engklek terdapat konsep matematika geometri bangun datar yaitu : persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, dan setengah lingkaran. Konsep matematika ini dapat diajdikan sebagai media pembelajaran bagi siswa, yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa.

Keywords

Matematika; Media Pembelajaran; Permainan Tradisional

Full Text:

PDF

References

A. Taskiyah, W. W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek Aeni Nur Taskiyah Wahyuning Widiyastuti Pendahuluan Budaya lokal adalah nilai-nilai lokal hasil budidaya masyarakat suatu. 81–94.

Damayanti, Agustina Dhevin Merinda. & Rosa Dina Putranti. (2016). Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016- pISSN: 2550-0384; e-ISSN: 2550-0392, 254-260.

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4): 104- 117.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1): 27-35.

Miles, M. B. & Hubarman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia

Nur, R. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA Oleh: Nur Rahmah. Al-Khawarizmi, 2, 1–10.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.1176

Rahayu, R. 2016. Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Universitas Muria Kudus: 1-11.

Sukadariyah, R. F., Fatimah, A., & Maryani, K. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Kemampuan Geometri Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 57–63. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6685

Zakiah, N. E., Sunaryo Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.