Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning

Nira Herdiani, Euis Erlin, Asep Amam

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk membahas tentang model pembelajaran discovery learning serta hubungannya dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu studi literatur. Berpikir kritis matematis merupakan proses berpikir secara tepat, terarah, beralasan, dan reflektif dalam pengambilan keputusan yang dapat dipercaya hingga membuat dugaan sementara sebagai hasil dari kemampuan mengidentifikasi, menghubungkan, menganalisis, mengevaluasi dan memecahkan masalah matematis. Rendahnya kemampuan berpikir matematis disebabkan banyak faktor termasuk salah satunya kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning adalah suatu model pembelajaran yang berorientasi kepada keaktifan siswa dalam mengidentifikasi masalah sampai menarik kesimpulan dengan tujuan siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung serta mendapat pengetahuan–pengetahuan baru dari setiap proses pembelajaran yang telah dilaluinya. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam model pembelajaran discovery learning cocok digunakan, sehingga penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Keywords

Berpikir Kritis; Discovery Learning; Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Akbari Harahap, N., & Setiawati, T. (2022). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(6), 575–583. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i6.1019

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

FAJRI, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99– 117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786

Meidinda, F., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01, 418–429.

Rohaumah, C. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Bepikir Kritis. Jurnal Gammath, 3(1), 28–37.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Yunianti, V. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD, 6, 9106–9114.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.