PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI JAWA TIMUR

Rahmi Amalia, Sri Cahyaning Umi Salama

Abstract


Pemasaran digital dinilai penting untuk pengusaha saat ini terutama setelah pandemi yang menyebabkan banyak pengusaha yang harus bisa mempertahankan usahanya dengan melakukan penjualan secara online. Bagi sebagian orang, hal tersebut masih awam dan asing, terutama pelaku UMKM. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan pemasaran digital serta mendampingi UMKM anggota BMT Mandiri Ukhuwah Persada Jawa Timur dengan memanfaatkan media sosial TikTok untuk melakukan promosi dan branding. Metode yang digunakan adalah tahapan pendahuluan, observasi, analisis dan desain, implementasi dan eksekusi, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian adalah peserta pengabdian berhasil melakukan iklan atau promosi menggunakan media sosial TikTok. Hal ini sangat dibutuhkan oleh peserta untuk meningkatkan penjualan produknya.

Keywords


pemasaran digital; media sosial; UMKM

References


Adnan, M. A., & Ajija, S. R. (2015). The Effectiveness of Baitul Maal Wat Tamwil in Reducing Poverty: The Case of Indonesian Islamic Microfinance Institution. Humanomics, 31(2), 160–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/H-03-2012-0003

Ajija, S. R., Hudaifah, A., Wasiaturrahma, Sulistyaningsih, L., A’yun, K. Q., Mukti, H. K., Salama, S. C. U., Rofiqoh, S. N. I., & Azzizah, U. A. (2018). Koperasi BMT: Teori, Aplikasi dan Inovasi. Inti Medika Komunika.

Arifi, S. (2019). Pemasaran Era Milenium. Yogyakarta: Deepublish.

Budianto, A. (2015). Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Databoks.Katadata. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Databoks, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/130292/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Hardilawati, W. L. (2021). Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19. GOVERNABILITAS (Jurnal Ilmu Pemerintahan Semesta), 2(2), 154–168. https://doi.org/10.47431/governabilitas.v2i2.117

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25–43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Naeem, M. (2020). The role of social media to generate social proof as engaged society for stockpiling behaviour of customers during Covid-19 pandemic. Qualitative Market Research, 24(3), 281–301. https://doi.org/10.1108/QMR-04-2020-0050

Nurfadilah, D., & Samidi, S. (2021). How the Covid-19 Crisis Is Affecting Customers’ Intention To Use Islamic Fintech Services: Evidence From Indonesia. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 7(1), 83–114. https://doi.org/10.21098/jimf.v7i0.1318

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia [The Impact of Covid-19 on MSMEs in Indonesia]. Jurnal Brand, 2(1), 148–153.

Wulandari, P., & Kassim, S. (2016). Issues and challenges in financing the poor: case of Baitul Maal Wa Tamwil in Indonesia. International Journal of Bank Marketing, 34(2), 216–234. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/09564230910978511.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: