BRANDING PARIWISATA MELALUI VIDEO SINEMATIK SEBAGAI SARANA PROMOSI DAN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA BABAHAN

I Komang Agus Ariana, Ni Putu Julianti

Abstract


Desa Babahan adalah salah satu desa di kabupaten Tabanan yang memiliki beragam potensi wisata, baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, dan wisata rohani. Namun, salah satu masalah utama dalam pertumbuhan kepariwisataan di Desa Babahan adalah belum optimalnya pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam mempromosikan destinasi pariwisata secara nasional maupun internasional. Dengan pemanfaatan teknologi maka kegiatan promosi pariwisata di Desa Babahan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Informasi pariwisata di Desa Babahan menggunakan website resmi desa, dinilai tidak terstruktur, tidak terperinci, dan tidak terbaharui. Pemanfaatan teknologi dalam pengembangan promosi pariwisata di Desa Babahan dapat menggunakan sebuah branding video objek wisata untuk mengenalkan potensi wisata yang terdapat di Desa Babahan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mempromosikan ke khalayak luas tempat wisata di Desa Babahan melalui video yang diupload pada media sosial. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan pengembangan video objek wisata. Hasil video objek wisata Desa Babahan ini dimaksudkan untuk menyajikan informasi yang akurat sehingga dapat menjadi suatu upaya branding wisata dan pembangunan desa yang berkelanjutan.

Keywords


tourism branding, travel videos, promotions

References


Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30.

Ariffudin Islam, M. (2022). Perancangan Konten Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Dedado Batik Di Surabaya. Jurnal Barik, 3(2), 112–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Degey, S., Setiawan, T. A., & Tumimomor, A. (2016). Perancangan Video Promosi Pariwisata Kab . Nabire ( Studi Kasus : Dinas Kebudayaan , Pemuda , Olah Raga , dan PariwisataNabire ) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Januari 2016. Undergraduate Thesis, 1(1), 1–22. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/10430/2/T1_692008028_Full text.pdf

Desmira, D., Aribowo, D., Ekawati, R., & Wahyuni Purbohastuti, A. (2021). Video Promosi Wisata “Cikal Adventure” Di Kecamatan Padarincang. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 58–63. https://doi.org/10.30656/ka.v3i2.2940

Fahira, T., Februadi, A. C., & Amalia, F. A. (2021). Proyek Perancangan Konten Video TikTok Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Merek Vendorin Indonesia. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 1115–1120.

Mahesti, N. D. (2020). Perancangan Video Promosi Destinasi Wisata. Universitas Negeri Semarang, 10(2), 103–112.

Maulani, G., Sasongko, N. J., & Mulyana, A. (2016). Pengembangan Media Promosi Pariwisata Kota Tangerang Dalam Bentuk Video Digital Pada Dinas Porparekraf. ICIT Journal, 2(2), 207–220. https://doi.org/10.33050/icit.v2i2.35

Pratama, J., & Wasatan, S. (2022). Perancangan Video Pengenalan Objek Wisata Di Pulau Kalok Dengan Pendekatan Sinematik. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 11(1), 66–70. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v11i1.3159

Saputri, R. D., Muhfiatun, & Syarifah, L. (2021). Video Profil Sebagai Sarana Promosi Memajukan Wisata Alam Kalibiru Dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21(2), 89–98. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v21i2.2385

Seputra, K. A., Dewi, L. J. E., Paramartha, A., Nyoman, I., & ... (2021). Pengembangan Video Sinematik Infografis Wisata Desa Ambengan. Proceeding Senadimas …, 894–901.

Wibowo, T., & Kurniadi, A. D. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Video Promosi Wisata Kota Bengkulu Menggunakan Metode ADDIE. Conference on Business, Social Sciences …, 1(1), 365–374.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: