PENDAMPINGAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MIS AL-ISLAM TEMPEL

Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, Andhika Yahya Putra, Anita Ekantini, Inggit Dyaning Wijayanti, Shinta Melia Khorini'mah

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan peningkatan mutu pembelajaran guru di era 4.0. Hal ini selaras dengan tujuan pemerintah untuk terus meningkatkan kinerja guru melalui berbagai upaya, baik melalui program pendampingan atau penerapan kurikulum nasional. Proses kerja guru berkualitas dapat memengaruhi proses belajar siswa, tingkat kelulusan, dan capaian pendidikan. Pengabdian ini menggunakan pendekatan yang menerapkan open minded. Untuk mempersiapakan itu semua, pendidik di MI AL Islam Tempel tidak cukup jika hanya fokus pada kebutuhan material semata. Guru harus fokus terhadap peningkatan kompetensi dan softskill individu dalam mengikuti perkembangan pendidikan 4.0. Pengabdian ini memberikan deskripsi tentang bagaiaman pendampingan terhadap mutu pembelajaran dan guru sangatlah penting. Pendampingan ini memberikan solusi bagi guru MIS AL-Islam Tempel untuk dapat memahami beberapa komponen dalam peningkatan mutu pembelajaran, diantaranya (1) Guru memiliki komitmen kepada peserta didik dan meningkatkan proses belajar kreatif peserta  didik. (2) Menguasai secara intens terhadap materi mata pelajaran serta metode pengajaran kepada peserta didik. (3) Bertanggung jawab mengontrol hasil belajar peserta didik melalui kegiatan evaluasi, (4) Mampu berfikir sistematis tentang apa yang dilakukan, (5) Belajar dari pengalaman tentang job, carrier, dan calling sebagai guru.

Keywords


Kinerja Guru, Mutu Pendidikan, Soft skill

References


Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Amaliyah, A., & Zakhra, A. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Wujud Pengembangan Kompetensi Guru. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(2), 32–40. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i2.7

Dahlan, Z. (2019). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru BK Sebagai Konselor di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Global. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v7i1.6664

Darling-Hammond, L., Hyler, M., & Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute. https://doi.org/10.54300/122.311

Depdiknas. (2002). Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke 21 (SPTK-21). Depdiknas.

Djamarah, S. B. (2006). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Rineka Cipta.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills: TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458

Mangkunegara, A. (2007). Manajemen Sumber Daya manusia. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Nilsen, T., & Gustafsson, J.-E. (Eds.). (2016). Teacher Quality, Instructional Quality and Student Outcomes: Relationships Across Countries, Cohorts and Time (Vol. 2). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-41252-8

Undang-Undang No. 14 Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. no 14 (2005).

Undang-undang No 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. No 20 (2003).

Sanjaya, W. (2009). STRATEGI PEMBELAJARAN: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sulaksana, G. K. A., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X. 10(1).

Susiani, I. R., & Abadiah, N. D. (2021). Kualitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Modeling, 8(2).

Utami, S. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, dan Strategi Rekrutmen Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), Article 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.10139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: