PENGEMBANGAN KAPASITAS MEDIA DIGITAL PONDOK PESANTREN AL FURQON MAGELANG

Zuhud Rozaki, Nur Rahmawati, Yudhi Pramudya, Elvina Nurroma

Abstract


Penggunaan digital media dalam pengembangan pendidikan, termasuk pondok pesantren, menjadi sebuah keharusan di era informasi seperti ini. Semua orang haus akan informasi, dan dengan canggihnya teknologi informasi, membuat banyak orang dengan mudahnya mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja menggunakan internet. Pondok pesantren ini sebenarnya juga sudah menggunakan digital media dalam pengelolaan informasinya, tidak terbatas pada promosi, akan tetapi tampilan, konten dan disainnya masih sangat minim. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mengembangkan Pondok Pesantren Al Furqon Magelang untuk bisa meningkatkan brandingnya baik untuk internal dan eksternal menggunakan digital media yang menarik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan media digital Pondok Pesantren Al Furqon Magelang. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, diskusi, demonstrasi, konsultasi, monitoring, dan evaluasi. Kesemua metode tersebut menjadi satu kesatuan dalam proses pengabdian ini. Luaran yang diharapkan pada kegiatan pengabdian ini adalah mitra menjadi bisa lebih berkemampuan dalam pengembangan digital media pondok. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dan kuantitas konten pondok baik di Youtube ataupun di IG. Hal ini dilakukan agar nama pondok bisa lebih dikenal oleh masyarakat yang lebih luas, sehingga konten-konten bermanfaat serta promosi pondok untuk calon santri bisa lebih gencar lagi.

References


Ambalegin, Arianto, T., & Azharman, Z. (2019). Kampung Tua Nongsa Sebagai Tujuan Wisata Berbasis Kearifan Lokal Budaya Melayu Batam. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 67–75. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2863

Andayani, A. A. I., Martono, E., & Muhamad, M. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.18006

Apriyani, Y., Sutisna, H., & Adiwisastra, M. F. (2018). Cerdas Bermedia Sosial DiEra Digital Di Pondok Pesantren Daarul Muta’alimin Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15. https://doi.org/10.31294/JABDIMAS.V1I1.3165

Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The influence of digital media use on sales level of culinary package product among female entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2), 129–142. https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382

Eka, P. D., Agusentoso, R., Suwanto, S., Aldy, H. L. N., & Gandung, M. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN PONPES DALAM RANGKA PENINGKATAN MASYARAKAT MANDIRI DI PANTI ASUHAN IKHWANIYAH CINTA YATIM DAN DHUAFA. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.32493/J.PDL.V3I1.6277

Hermawan, F., Detra, A. E., & Eldrian, A. F. (2022). Pengaruh Media Digital Sebagai Sarana Promosi Dan Transaksi Bagi Pelaku Umkm Makanan Dan Minuman Di Masa Pandemi Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 6(2), 493–505. https://doi.org/10.52362/JISAMAR.V6I2.797

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Khoerunnisa, K., & Ri’aeni, I. (2021). PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA AKUN @Hijup.com (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN INSTARGAM @Hijup.com). JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 4(1), 30–44. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jika/article/view/3676

Munawara, M., Rahmanto, A., & Satyawan, I. A. (2020). Pemanfaatan Media Digital untuk Dakwah Pesantren Tebuireng: Studi pada Akun Media Sosial tebuireng.online. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 29–45. https://doi.org/10.24090/KOMUNIKA.V14I1.3226

Sari, A., Sari, A. M., Utomo, S., & Redjeki, A. S. (2014). PENINGKATAN MOTIVASI BERWIRASWASTA SANTRI PONDOK PESANTREN MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN. Jurnal Teknologi, 6(1), 47–53. https://doi.org/10.24853/jurtek.6.1.47-53

Setiawan, iwan. (2023). OPTIMALISASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING. Abdimas Galuh, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.25157/AG.V5I1.8683

Setyowardhani, H., Susanti, H., & Riyanto. (2019). Optimalisasi Media Sosial sebagai Alat Promosi untuk Desa Wisata Lebakmuncang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 19–26. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.2848

Syafe’, I., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://doi.org/10.24042/ATJPI.V8I1.2097




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: