SHARING SESSION TERKAIT JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI UNTUK PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH DOSEN

Damar Isti Pratiwi, Santi Triwijaya, Wahyu Tamtomo Adi, Rusman Prihatanto

Abstract


Publikasi karya ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi merupakan salah satu syarat wajib bagi kenaikan pangkat dosen terutama bagi mempunyai jabatan akademik Lektor Kepala, menurut Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen tahun 2021. Namun faktanya, masih banyak dosen yang terkendala dengan syarat tersebut sehingga mengalami stagnansi dalam jabatan akademik. Dari hasil survei awal yang dilakukan terhadap 200 dosen di Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan, diperoleh data bahwa para dosen memerlukan informasi terbaru mengenai jurnal nasional terakreditasi dan mendapatkan penjelasan terkait sistem Open Journal System (OJS) sehingga karya ilmiah mereka dapat dipublikasikan pada jurnal-jurnal nasional terakreditasi di Science and Technology Index (Sinta). Untuk itulah, kegiatan sharing session ini diadakan sehingga dapat membantu meningkatkan publikasi ilmiah dosen untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan jabatan akademik. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan tujuan untuk menjangkau peserta dari berbagai lokasi di Indonesia. Metode sharing session dilakukan melalui presentasi oleh narasumber yang dilanjutkan dengan sesi exploratory study melalui tanya jawab dengan seluruh peserta kegiatan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi para dosen untuk memperoleh informasi terbaru mengenai akreditasi jurnal nasional dan OJS, sehingga dapat meningkatkan tingkat diterimanya artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi

Keywords


artikel ilmiah, dosen, jurnal nasional terakreditasi, publikasi, sharing session

References


Darmalaksana, W. (2020). Kelas menulis: Dari proposal penelitian ke artikel ilmiah, publikasi jurnal, dan hak kekayaan intelektual. Sentra Publikasi Indonesia. https://digilib.uinsgd.ac.id/30968/

Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Keputusan direktur jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 12/E/KPT/2021 tentang pedoman operasional beban kerja dosen. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui web seminar terkait publikasi artikel untuk menembus jurnal sinta 2 dan scopus. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2). https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.4244

Harahap, A., & Yunita, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian untuk jurnal nasional dan internasional bagi guru bahasa inggris sekolah menengah pertama (smp) di bengkulu tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 27(2).

Ifendi, M. (2022). Workshop and assistance of scientific article writing for students of MPI STAI Sangatta East Kutai. Abdimas Galuh, 4(1), 463. https://doi.org/10.25157/ag.v4i1.7196

Mahanani, P., Sakinah, N. L., Cholifah, P. S., Rini, T. A., Muchtar, & Umayaroh, S. (2022). Pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis high order thinking skill (hots) berlandaskan merdeka belajar bagi guru sd. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 147–152. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4009

Marta, R. F., Kurniawati, L. S. M. W., Harry, H., Salim, M., & Andung, P. A. (2022). Transfer of knowledge and acientific publication literacy for young lecturer by Pojok Dialektika. Abdimas Galuh, 4(1), 310. https://doi.org/10.25157/ag.v4i1.7128

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. (2015). Peraturan menteri riset, teknologi dan pendidikan tinggi republik Indonesia nomor 26 tahun 2015 tentang registrasi pendidik pada perguruan tinggi. In Berita Negara RI No 1372 Tahun 2015. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Parmadi, E. H., Adi, C. K., & Prijowuntato, S. W. (2022). Pemanfaatan teknologi informasi untuk pembuatan materi, pendistribusian materi dan evaluasi pembelajaran bagi guru sekolah dasar kanisius kalasan. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i2.4039

Pratiwi, D. I., Astuti, S. W., Puspitasari, A., & Fikria, A. (2021). Analisis Tata Kelola Perguruan Tinggi Vokasi dan Indeks Kepuasan Siswa pada Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4556–4567. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1491

Pratiwi, D. I., Prasetya, H. W., & Atmaja, D. S. (2022). Pelatihan aplikasi mendeley sebagai instrumen citation dan reference manager artikel ilmiah bagi akademisi di kota madiun. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5502

Pratiwi, D. I., Ubaedillah, U., Puspitasari, A., & Arifianto, T. (2022). Flipped classroom in online speaking class at Indonesian university context. International Journal of Instruction, 15(2), 697–714. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15238a

Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan pengelolaan konten web menggunakan wordpress, canva dan photoshop untuk guru-guru wilayah jakarta. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v2i1.1093

Premana, A., Ubaedillah, U., & Pratiwi, D. I. (2021). Peran video blog sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 132. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.24113

Presiden RI. (2009). Peraturan pemerintah republik Indonesia nomor 37 tahun 2009 tentang dosen. In Lembaran Negara RI Tahun 2009 Nomor 76. Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Radeswandri, Berlian, M., Thahir, M., & Vebrianto, R. (2022). Evaluasi pelaksanaan bimbingan teknis pemanfaatan teknologi informasi pada guru-guru sekolah dasar. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.31960/caradde.v5i1.4122

Santi, D. P. D., Setiyani, Dewi, I. L. K., & Praja, E. S. (2022). Pelatihan pembuatan komik berbasis literasi numerasi pada materi pecahan bagi guru: usaha meningkatkan kualitas pembelajaran di sd kecamatan sumber. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 28(1), 1–8.

Sihombing, P. R. (2021). Publikasi ilmiah, antara kewajiban dan kendala bagi dosen. https://kumparan.com/robinsihombing/publikasi-ilmiah-antara-kewajiban-dan-kendala-bagi-dosen-1wItb5CPIzg/2

Ubaedillah, U., Pratiwi, D. I., Huda, S. T., & Kurniawan, D. A. (2021). An exploratory study of English teachers : the use of social media for teaching english on distance learning. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 5(2), 361–372. http://ijeltal.org/index.php/ijeltal/article/view/753/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: