BIMBEL BAHASA INGGRIS RAMADHAN 1444 H BAGI ANAK-ANAK SD/MI SEDERAJAT DI KOTA BANJAR BERBASIS KONSERVASI AN ENGLISH STUDY GUIDE DURING RAMADHAN 1444 AD BRINGING A CONSERVATION ISSUE FOR THE STUDENTS OF ELEMENTARY LEVELS (SD/MI) IN BANJAR CITY

Dedeh Rohayati, Ida Farida, R. Bunga Febriani, Egi Nurholis

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan pengenalan Bahasa Inggris untuk tingkat sekolah dasar yang melibatkan isu konservasi. Kegiatan ini melibatkan 34 orang anak-anak SD / MI sederajat yang ada di Kota Banjar dan sekitarnya. Pelaksanaan bimbingan belajar ini dilakukan selama 4 kali pertemuan setiap hari Ahad/ Minggu selama bulan puasa (Ramadhan 1444 H/ 2023 M) dari tanggal 26 Maret, 2 April, 9 April, dan 16 April 2023. Perolehan data primer menggunakan dairy journal, observasi, dokumentasi video dan wawancara secara online. Pada acara pembukaan kegiatan ini diawali sosialisasi konservasi sehingga bukan saja literasi bahasa Inggris yang mengalami peningkatan namun juga literasi pengelolaan lingkungan hidup. Peningkatan pengetahuan Bahasa Inggris dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan hasil yang memuaskan bagi anak-anak SD/ MI sederajat level 1st Primary Class dengan capaian 80% (pengenalan Number)  90% (pengenalan Part of the Body), dan 99% (pengenalan Greeting). Sedangkan kemampuan level 2nd Primary Class terhadap pengetahuan Introducing Myselft mencapai 32% (kategori lancar menjawab) dan 68% (kategori kurang lancar menjawab). Sedangkan hasil wawancara dengan orangtua menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang anak-anak serta dapat mengurangi intensitas penggunaan gadget sehingga kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Salah satu peserta juga menunjukkan antusiasnya karena selama bimbingan belajar, para tutor menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan atraktif. Mengingat manfaatnya yang sangat luar biasa, kegiatan ini diharapkan dapat diselenggarakan lagi dimasa mendatang dengan menlibatkan berbagai disiplin keilmuwan yang berbeda.

Keywords


Bahasa Inggris, bimbingan belajar, konservasi/English, Study Guide, Conservation

References


Anil, B. (2015). Use of technology in English teaching classroom–A study. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences, 15(1), 316–318.

BAPPENAS RI. (2002). Undang - Undang Nomor. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Arsyad, Azhar, 190211614895, 1–44. https://jdihn.go.id/files/4/2002uu023.pdf

Hastuti, N., & Roviati, E. (2021). Pendampingan belajar pengenalan Bahasa Inggris menyenangkan dari rumah di masa pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24–30. https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9303

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 260–267. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4844

Mulyanti, W., & Hakim, L. N. (2021). Meningkatkan minat baca dan kemampuan Bahasa Inggris anak melalui pembentukan Rumah Baca “English Extensive Reading". Journal of Empowerment Community, 3(1), 29–36. http://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/view/598

Nisa, F., Gede Agung, A. A., & Tegeh, I. M. (2021). Model pembelajaran berbasis karakter konservasi untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 17. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633

Nova, M. (2017). Pendidikan karakter di kelas EFL Indonesia: Implementasi dan hambatan. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 142–157.

Poerwadarminta, W. J. S., & (Indonesia), P. B. (2003). Kamus umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=2L9kAAAAMAAJ

Pun, M. (2014). The use of multimedia technology in English Language Teaching: A global perspective. Crossing the Border: International Journal of Interdisciplinary Studies, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.3126/ctbijis.v1i1.10466

Rohayati, D., Febriani, R. B., & Rachmawati, E. (2021). Bimbel Bahasa Inggris Gratis bagi Anak - Anak Sekolah di Rumah Literasi Banjar Menggunakan Smartphone di Era Kebiasaan Baru Pandemi. 3(2), 43–55.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Implementasi komik digital pelestarian lingkungan berbasis nilai karakter. Prosiding Seminar Nasional …, 500–505. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/879

Tang, C. M. (2013). Readiness for blended learning: Understanding attitude of university students. International Journal of Cyber Society and Education, 6(2), 79–100. https://doi.org/10.7903/ijcse.1086

Widyaningsih & Basiron, T. L. B. (2016). Pemberian bimbingan belajar bahasa Inggris kepada anak asuh di Panti Asuhan Yatim Ahmad Yani Al Muslimun Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol 4, No 1 (2016). https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/632




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: