PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KOPING PADA REMAJA MELALUI EDUKASI TEKNIK MINDFUL S.T.O.P DI DESA PENGLIPURAN

Anak Agung Sri Sanjiwani, Ni Made Nopita Wati, Ni Luh Putu Thrisna Dewi, Ketut Lisnawati, Nyoman Sudarma

Abstract


Remaja menjadi salah satu kelompok usia yang tergolong rentan dalam menghadapi berbagai permasalahan kesehatan mental. Tugas perkembangan yang harus dilalui oleh remaja melibatkan berbagai potensi konflik yang berkaitan dengan penyesuaian terhadap tuntutan dari orangtua, guru, teman sebaya, keluarga besar dan diri sendiri. Strategi koping memiliki peran penting bagi remaja dalam mengatasi dinamika perkembangan yang dialami dalam masa remaja. Teknik Mindful S.T.O.P merupakan bagian dari pendekatan mindfulness yang dapat memfasilitasi remaja dalam menghadapi stresor maupun tekanan dalam keseharian. Edukasi teknik Mindful S.T.O.P diberikan dalam bentuk ceramah kepada kelompok karang taruna yang tergabung dalam Sekaa Truna Truni di Desa Penglipuran. Evaluasi dilakukan melalui kuisioner pengetahuan. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan remaja mengenai strategi koping adaptif dari kurang (55%) menjadi kategori baik (45%) dan cukup (55%).  Upaya edukasi ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan remaja mengenai cara adaptif dalam mengelola stresor yang dirasakan namun juga melatih remaja untuk mengenali diri sendiri mulai dari kecenderungan pikiran negatif yang muncul, perasaan yang menyertai hingga perilaku dalam menangani ketidaknyamanan tersebut. Mindful S.T.O.P dapat menjadi langkah awal bagi remaja dalam mengenali dirinya dan meningkatkan kesadaran dalam menentukan respon terhadap berbagai peristiwa yang dimaknai negatif bagi diri. Teknik ini tepat bagi remaja karena tergolong sederhana dan dapat dilakukan secara mandiri tanpa memerlukan media khusus.

Keywords


Adolescent, Coping Strategy, Mindful S.T.O.P, Stressor

References


Arlinghaus, K. R., & Johnston, C. A. (2017). Advocating for behavior change with education. Behavioral Medicine Review.

Carr, A. (2016). The handbook of child and adolescent clinical psychology : a contextual approach (3rd Ed.). Routledge.

Connor, D., Newcorn, J., Saylor, K., Amann, B., Scahill, L., Robb, A., Jensen, P., Vitiello, B., Findling, R., & Buitelaar, J. (2019). Maladaptive aggression: with a focus on impulsive aggression in children and adolescents. Journal of Child and Adolescent Psychopharmacology, 20(20), 1–16.

Cooper, C. L., & Quick, J. C. (2017). The handbook of stress and health: A guide to research and practice. John Wiley & Sons Ltd.

Eisendrath, S. J. (2016). Mindfulness-based cognitive therapy. Springer International Publishing.

Frydenberg, E. (2008). Adolescent coping: Advances in theory, research and practice (2nd Ed). Routledge/Taylor & Francis Group.

Keyes, C. L., & Lopez, S. J. (2002). Toward a science of mental health. In Handbook of Positive Psychology (pp. 45–59).

Lerner, R. M., & Steinberg, L. D. (2004). Handbook of adolescent psychology. John Wiley & Sons, Inc.

Miltenberger, R. G. (2016). Behavior modification: Principles and Procedures (Sixth Edition). Cengage Learning, 690. http://proxy2.lib.umanitoba.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/619620009?accountid=14569%5Cnhttp://sfxhosted.exlibrisgroup.com/umanitoba?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:book&genre=book&sid=ProQ:PsycINFO&atitle=&title=Beha

Mohammazadeh, M., Awang, H., Ismail, S., & Shahar, H. K. (2019). Improving emotional health and self-esteem of Malaysian adolescents living in orphanages through Life Skills Education program: A multi-centre randomized control trial. PLoS ONE, 1–18.

Runcan, R. (2021). Anxiety in Adolescence: A Literature Review. Innovative Instruments for Community Development in Communication and Education, February, 113–128. https://doi.org/10.22618/tp.pcms.20216.360008

Vitulic, H. S., & Prosen, S. (2015). Coping and emotion regulation strategies in adulthood: Specifities regarding age, gender, and level of education. Journal for General Social Issues, 25(1), 43–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: