PENDAMPINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KAMPUNG DOKDAK BAGI GURU DI SMA N 1 BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS

Sri Pajriah, Aan Suryana

Abstract


Minimnya pengetahuan guru tentang nilai-nilai kearifan lokal yang ada di lingkungan Kecamatan Baregbeg untuk diaplikasikan dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan permasalahan tersebut kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperbaiki model pembelajaran sejarah dari konvensional ke modern, dan meningkatkan pemahaman guru terkait nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak diintegrasikan dalam model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode pelatihan serta pendampingan yang diikuti dengan praktek, dengan melalui beberapa rencana kegiatan, yaitu: Pelatihan dan pendampingan model pembelajaran PBL berbasis nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak. Tahap selanjutnya, monitoring dan evaluasi berkala. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pemahaman guru terkait penggunaan Model Problem Based Learning terintegrasi dengan nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak meningkat berdasarkan hasil kuesioner, yaitu dari 65% menjadi 80%. 

Keywords


Kearifan Lokal, Model Problem Based Learning, Pendampingan

References


Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan, 3(2), 1-8. doi:10.30595/jkp.v3i2.643

Bariyah, Eva Musthofatul, et.al. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 284-294. Dipetik Maret 15, 2023, dari https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/download/163/72

Budiarti, I. &. (2019). Penerapan model problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jartika, 2(1), 167-183. Dipetik Maret 15, 2023, dari https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/download/278/271

Brahmowisang, A. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Film Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wuryantoro. Historia Pedagogia, 42-50. doi:https://doi.org/10.15294/hisped.v8i1.34596

Gunawan, Arman Rizal, et.al. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kapaa Journal, 5(2). doi:https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.3973

Leirissa, R.Z. 2006. "Masalah Buku Ajar", disampaikan pada Mukernas Pengajaran Sejarah, yang diadakan oleh Direktorat Nilai Sejarah Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Surabaya, 11-13 Juli.

Oktavianti, I., & Ratnasai, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8 (2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353.

Said, Hamid Hasan. 1994. "Kurikulum Sejarah 1994:Pengertian, Landasan, Pemikiran dan Konsekwensi", makalah pada Seminar di Jurusan Pendidikan Sejarah , 23 September, FPIPS IKIP Bandung.

Said, Hamid Hasan. 1998. "Kebijakan dan Pelaksanaan Sejarah Di Lingkungan Depdikbud" dalarn Simposium Pengajaran Sejarah (Kumpulan Makalah). Jakarta : Depdikbud.

Sriyanto (2015). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas XI TB 1 SMK Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang. Artefak. 3 (1).

Windari, Catur Okti, & Yanti, Fitri April. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik: Edu Sains. 9 (1). Hlm 62.

Suryana, Aan, et.al. (2022). Pendampingan Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Kampung Dokdak Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat. HAPEMAS 4 LPPM UM, 3, 203–209. http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/article/view/3771

Suryana, Aan & Pajriah, S. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Dokdak Berbasis Budaya Galuh. LPPM Universitas Galuh.

Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning ( PBL ). Deepublish Publisher. http://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku Model Problem Based Learning_Watermark.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: