PENDAMPINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT KAMPUNG DOKDAK BAGI GURU DI SMA N 1 BAREGBEG KABUPATEN CIAMIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan, 3(2), 1-8. doi:10.30595/jkp.v3i2.643
Bariyah, Eva Musthofatul, et.al. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 284-294. Dipetik Maret 15, 2023, dari https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/download/163/72
Budiarti, I. &. (2019). Penerapan model problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jartika, 2(1), 167-183. Dipetik Maret 15, 2023, dari https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/download/278/271
Brahmowisang, A. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Film Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wuryantoro. Historia Pedagogia, 42-50. doi:https://doi.org/10.15294/hisped.v8i1.34596
Gunawan, Arman Rizal, et.al. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kapaa Journal, 5(2). doi:https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.3973
Leirissa, R.Z. 2006. "Masalah Buku Ajar", disampaikan pada Mukernas Pengajaran Sejarah, yang diadakan oleh Direktorat Nilai Sejarah Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Surabaya, 11-13 Juli.
Oktavianti, I., & Ratnasai, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8 (2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353.
Said, Hamid Hasan. 1994. "Kurikulum Sejarah 1994:Pengertian, Landasan, Pemikiran dan Konsekwensi", makalah pada Seminar di Jurusan Pendidikan Sejarah , 23 September, FPIPS IKIP Bandung.
Said, Hamid Hasan. 1998. "Kebijakan dan Pelaksanaan Sejarah Di Lingkungan Depdikbud" dalarn Simposium Pengajaran Sejarah (Kumpulan Makalah). Jakarta : Depdikbud.
Sriyanto (2015). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas XI TB 1 SMK Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang. Artefak. 3 (1).
Windari, Catur Okti, & Yanti, Fitri April. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik: Edu Sains. 9 (1). Hlm 62.
Suryana, Aan, et.al. (2022). Pendampingan Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Kampung Dokdak Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat. HAPEMAS 4 LPPM UM, 3, 203–209. http://conference.um.ac.id/index.php/hapemas/article/view/3771
Suryana, Aan & Pajriah, S. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Dokdak Berbasis Budaya Galuh. LPPM Universitas Galuh.
Syamsidah & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning ( PBL ). Deepublish Publisher. http://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku Model Problem Based Learning_Watermark.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.11670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
____________________________________________________________________________________
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Galuh
Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274
Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787
Email: abdimasgaluh@gmail.com
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License
____________________________________________________________________________
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: