PEMANFATAN APLIKASI “PARTO JAMBE” BAGI UMKM KULINER DI KOTA JAMBI

Rosmeli Rosmeli, Novita Ekasari, Wiralestari Wiralestari, Rita Friyani, Erni Achmad

Abstract


UMKM Kuliner merupakan sector yang terus mengalami perkembangan. Jumlah UMKM kuliner di Kota Jambi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sampai pada tahun 2022 jumlah UMKM berjumlah 21.186 unit. Pemanfaatan digital marketing masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM. Untuk memperluas hasil produksi ke pemerintah Provinsi Jambi maka para UMKM harus menjadi mitra dengan aplikasi Parto Jambe. Aplikasi ini merupakan satu satunya marketplace lokal yang dimiliki oleh Provinsi Jambi. Aplikasi ini mulai ada dari keprihatinan ada UMKM lokal yang mengalami kemunduran penjualan akibat Covid-19 yang lalu. Sampai saat ini sudah terdapat 396 mitra dengan 2.693 variasi produk. Pemanfaatan aplikasi Parto Jambe bagi para UMKM akan memberikan dampak pada  para UMKM untuk memperluas hasil penjualan dan meningkatkan pendapatan UMKM.

Keywords


UMKM Kuliner, Kota Jambi, Pendapatan, Penjualan, Parto Jambe

References


Afifahm Ainun. (2023). Parto Jambe, Market Place Buatan Lokal Pertama di Sumatera. Oerban.Com. https://oerban.com/mengenal-parto-jambe-market-place-buatan-lokal-pertama-di-sumatera/

Bustomi, M. A., Rohedi, A. Y., Sunarno, H., Prajitno, G., Indarto, B., Nurif, M., & Purwanti, E. (2020). Pelatihan Pemasaran Online Produk Masyarakat Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 52, 27–37.

Fachrina, R., & M.Nawawi, Z. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Di Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 247–254. https://doi.org/10.36908/JIMPA.V2I2.75

Fajar Ramadhani, M. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM melalui Digital Marketing Pada Keripik Pisang Banna-Qu. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 153–158. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/abdipraja/article/view/4297

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi PKM, 2(2), 206–211.

Ketut, N., Pramesti, Y., Putu, I., & Pradhana, D. (2023). Pengembangan Umkm Melalui Pelatihan E-Commerce Di Kabupaten Badung Msme Development Through E-Commerce Training In Badung REGENCY. In Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).

Lihat Jambi.com. (2023, January). Parto Jambe Platform Marketplace Lokal Jambi Siap Rangkul Semua Produk UMKM - Lihat Jambi. Lihat Jambi.Com. https://www.lihatjambi.com/ekonomi-bisnis/pr-5746468210/parto-jambe-platform-marketplace-lokal-jambi-siap-rangkul-semua-produk-umkm

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Puspita Wulandana, N., Alya, A., & Agashi Lombu, A. (2022). Dampak pandemi covid-19 terhadap umkm di indonesia. Jurnal lentera bisnis, 11(2), 137–145. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.510

Saptaningtyas, W. W. E., & Rahayu, D. K. (2020). A proposed model for food manufacturing in smes: Facing industry 5.0. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, August, 1653–1661.

Setiawan, I. (2023). Optimalisasi Dan Pengembangan Produk Umkm Melalui Digital Marketing Optimization And Development Of Smes Products Through Digital Marketing. In Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).

Sugiarto. (2018). Ekonomi Kreatif Sub-Sektor Kuliner Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Masa Pandemi Di Blitar. JUPEKO: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 35–38.

Wijaya, L. D., & Simamora, V. (2022). Pengaruh Kapabilitas Teknologi Informasi dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Strategi dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 2528–1216. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/akuntansi




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.12036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: