SOLUSI PENGEMBANGAN BRAND AWARENESS DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DAPUR KEYSHA DI KABUPATEN CIREBON

Agus Sevtiana, Wiwiek Nurkomala Dewi, Linda Norhan, Ricky Perdana Kusuma

Abstract


Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon memiliki visi menghasilkan sumber daya manusia yang berjiwa technopreuneurship, diselaraskan dengan program kerjasama dengan mitra dunia usaha guna mendukung program pemberdayaan masyarakat. Program ini disesuaikan target pada indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi baik melibatkan dosen dan mahasiswa. Pesatnya perkembangan pemasaran digital dan media sosial tentu berdampak pada dunia usaha. Strategi pemasaran digital ini lebih prosfektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh berbagai macam informasi tentang produk dan bertransaksi secara online. Strategi pemasaran digital produk dengan menggunakan media social untuk dapat menjangkau konsumen secara langsung namun juga dapat menekan biaya promosi. UMKM Dapur Keysha yang bergerak dalam bidang pelayanan penyediaan makanan dan minuman, mencakup area pemasaran di wilayah Cirebon dalam melayani pangsa pasar mulai dari perjamuan rapat/ pertemuan, pemesanan katering anak sekolah dan kantor serta acara – acara khusus di masyarakat. Dapur Keysha menjalankan usaha masih secara konvensional, belum memiliki izin usaha. Saat ini kegiatan promosi produknya terbatas pada media sosial instagram dan whatsapp. Kegiatan pemberdayaan berbasis masyarakat ini memberi solusi mengembangkan brand awareness serta konten pemasaran digital ke dalam media sosial, sehingga dapat mendukung peningkatan brand awareness yang berdampak positif dalam meningkatkan volume penjualan hasil usaha kuliner Dapur Keysha.

Keywords


Brand Awareness, Pemasaran Digital, UMKM,

References


Argawan, B., Halim, B., Wijaya, J., Ekaputri, K., Christian Aditia, K., Rama Prasetya, N., Candra, T., & Yuliat, R. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 187–203. https://doi.org/10.21632/jpmi.1.1.187-203

Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129

Novita, D. (2020). Implementasi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Pada Umkm Kopi Bencoolan) Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 17(1), 87–96.

Sherlin, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Kecil dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita, 1(3), 105. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.724

Wisnuwardhana.Ac.Id. (2022). Strategi rebranding elements pada umkm dapoer meneng untuk meningkatkan brand awareness. Strategi Rebranding Elements Pada Umkm Dapoer Meneng Untuk Meningkatkan Brand Awareness, 6(1), 78–88. http://peduli.wisnuwardhana.ac.id/index.php/peduli/article/view/418/153




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.12122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: