Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mahasiswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Branding Produk dan Digital Marketing

Silva Tarrysa Rahma, Ainur Rochmaniah, Himawan Alfan Ubeidillah, Poppy Febriana

Abstract


Pengabdian masyarakat ini mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha kuliner milik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. UMKM yang menjadi Mitra Pengabdian Masyakat saat ini memiliki permasalahan dalam hal kegiatan pemasarannya yang masih sangat konvensional. Karena hal tersebut, UMKM ini sangat perlu pelatihan dan pendampingan tentang pentingnya pemanfaatan branding produk dan digital marketing untuk memperbaiki pemasaran produk sehingga menjadi lebih baik dapat meningkatkan nilai jual yang lebih baik. Selain itu, pada kegiatan ini UMKM juga dibantu dalam membuat akun bisnis melalui platform Instagram, beserta dengan cara mengelola media digital tersebut secara optimal. Ada 4 tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, yaitu perencanaan, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Hasil evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan branding produk dan digital marketing menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai pentingnya branding produk dan digital marketing terhadap UMKM, serta meningkatnya jumlah pengikut atau follower instagram meningkat dari 0 sampai dengan 25 pengikut.

Keywords


Peningkatan, UMKM, Digital Marketing, Branding Produk, Mahasiswa

References


Agung, A., Utama, G. S., & Pratama, D. (n.d.-a). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNIPMA.

Agung, A., Utama, G. S., & Pratama, D. (n.d.-b). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNIPMA.

Aisya, S., & Febriana, P. (2023). Strategi komunikasi pemasaran The Body Shop melalui brand ambassador: Studi kasus Iqbaal Ramadhan. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 200–208. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25348

Gaspersz, N., Malle, D., Pattiasina, P. M., & Sri, D. (2023). PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK BERBAHAN DASAR REMPAH KHAS MALUKU BAGI KELOMPOK BAKOPEL JEMAAT BETHANIA. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 183. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.40312

Hermawan sigit, R. A. R. A. R. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN UMKM KULINER MELALUIPELATIHAN AKUNTANSI, BRANDING, DAN HALAL FOOD. Seminar Nasional Mengabdi Untuk Negeri.

Lubis najla, M. H. (n.d.). Pengabdian MasyarakatPemanfaatan Daun Sukun (Artocarpus altilis) sebagai Minuman Kesehatan di Kelurahan Tanjung Selamat-Kotamadya Medan. Journal of Animal Science and Agronomy Panca Budi, 2018.

Penyusun, T., Srimulyani, E., Jakfar Puteh, Ma. M., Rani Usman, Mp. A., Lukman Ibrahim, M., Analiansyah, Mp., Zulfikar, Ma. T., Rasyidah, Me., Amrullah, Ma., Nurul Fakriah, L., Cut Dian Fitri, Ma., & MSi, S. (n.d.). BUKU PANDUAN KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT (KPM) INOVATIF UNIVERSITAS MEMBANGUN DESA. www.kompak.or.id

Rahmawati, A., Tutiasri, R. P., Febriana, P., & Febriyanti, S. N. (2022). Selling Honey and Making Money-An Instagram Marketing Strategy and Basic Photography Training for Women of Kemlagi Village, Mojokerto, East Java. Indonesian Community Empowerment Journal, 3(1), 166–170. https://doi.org/10.37275/icejournal.v3i1.24

SAKU PENGABDIAN MASYARAKAT DAN IMPLEMENTASINYA Gagasan dan Inpelentasi Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Basis Kegiatan Pengabdian Langsung dan Tak Langsung, B., & Zainul Ali, Z. (n.d.). View project Social Distancing Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Perspektif Maqashid Al-Syariah View project. https://www.researchgate.net/publication/344869169

Sholichah, M., & Febriana, P. (n.d.). Konstruksi Citra Diri Dalam Media Baru Melalui Aplikasi Instagram (Analisis Semiotik Postingan Instagram @Maudyayunda) Self-Image Construction In New Media Via Instagram Application (Semiotic Analysis Of @Maudyayunda Instagram Posts).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.13894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: