Pelatihan Peningkatan Berpikir Kritis Melalui Metode Cerita Dalam Al Qur’an Bagi Guru Agama di Madrasah Aliyah Samarinda

Edy Murdani Z, Nur Fuadi Rahman, Muhammad Fajri, Zahrotul Isti’anah Marroh, Andi Achmad

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis guru agama di Madrasah Aliyah Samarinda melalui metode cerita dalam Al-Qur’an. Berpikir kritis adalah keterampilan penting yang memungkinkan siswa menganalisis, mengevaluasi, dan menginterpretasi informasi secara logis dan objektif, yang sangat relevan dalam pendidikan agama Islam. Saat ini, pembelajaran agama di banyak sekolah masih bersifat dogmatis, mengakibatkan siswa hanya memahami ajaran secara tekstual tanpa kemampuan kritis. Untuk mengatasi masalah ini, pelatihan berpikir kritis berbasis cerita Al-Qur’an diberikan kepada guru-guru dari beberapa Madrasah Aliyah di Samarinda. Metode Participatory Action Research (PAR) digunakan dalam program pelatihan ini, yang melibatkan partisipasi aktif guru dari sembilan Madrasah Aliyah. Materi pelatihan mencakup pentingnya berpikir kritis, metode mengajarkannya, dan cara memancing rasa penasaran siswa melalui cerita. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan antusiasme dan partisipasi guru dalam proses pembelajaran. Guru melaporkan bahwa materi yang disampaikan membantu mereka memahami cara menyelipkan pertanyaan kritis dalam pengajaran agama. Evaluasi kuesioner menunjukkan bahwa 83% guru menemukan materi baru, dan 75% merasa bahwa metode cerita dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama, membekali guru dengan keterampilan mengajar yang lebih interaktif, dan mendukung pembangunan sumber daya manusia di Samarinda sebagai daerah penopang Ibu Kota Negara (IKN). Kegiatan ini diharapkan dapat membangun generasi yang kritis, berintegritas, dan berdaya saing tinggi.

Keywords


pengabdian, masyarakat, pelatihan

References


Abdalla, Mohamad. 2018. “Islamic Studies in Islamic Schools: Evidence-Based Renewal.” Islamic Schooling in the West: Pathways to Renewal 257–83.

Anggraini, Gian Fitria, Sasmiati Sasmiati, and Een Yayah Haenilah. 2020. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar Lampung.” Jurnal Pengabdian Dharma Wacana 1(1).

Brown, Barrington. 2015. “Twenty First Century Skills: A Bermuda College Perspective.” Journal of Bermuda Collage 1(9):58–64.

Chevalier, Jacques M., and Daniel J. Buckles. 2019. Participatory Action Research: Theory and Methods for Engaged Inquiry. Routledge.

Dahari, Aminurrashid Ahmad, Asmawati Suhid, and Fathiyah Fakhrudin. 2019. “Implementation Critical Thinking in Teaching Islamic Education.” International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development 8(4). doi: 10.6007/IJARPED/V8-I4/6756.

Elder, Linda, and Richard Paul. 2020. Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life. Foundation for Critical Thinking.

Ennis, Robert. 2011. “Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II.” Inquiry: Critical Thinking across the Disciplines 26(2):5–19.

Gallagher, Kathleen Marie. 2011. “In Search of a Theoretical Basis for Storytelling in Education Research: Story as Method.” International Journal of Research & Method in Education 34(1):49–61.

Hindrasti, Nur Eka Kusuma, Ardi Widhia Sabekti, and Dios Sarkity. 2021. “Pelatihan Menyusun Soal Kemampuan Berpikir Kritis Dan Analisis Menggunakan Model Rasch Bagi Guru Ipa.” Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):212–19.

Huda, Mualimul. 2022. “Implementation of Scientific Approach In Islamic Education Learning.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11(03).

Nadhiroh, Syifaun, and Isa Anshori. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(1):56–68.

Prayogi, Saiful, I. Ketut Sukarma, and Muhali Muhali. 2016. “IbM Kelompok Guru Madrasah Aliyah Yang Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):1–6.

Reason, Peter, and Hilary Bradbury. 2001. Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice. sage.

Saeed, Abdullah. 2006. Islamic Thought: An Introduction. Routledge.

Sihombing, Yuan Alfinsyah, Muhammad Zulham Efendi Sinaga, and Rini Hardiyanti. 2020. “Peningkatan Kemampuan Peternak Dalam Pemanfaatan Ampas Tahu Sebagai Pakan Ternak Kambing Melalui Proses Fermentasi Aspergillus Niger Dan Rhizopus Oryzae Di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang.” Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):438–55.

Turan, Fethi, and Ilkay Ulutas. 2016. “Using Storybooks as a Character Education Tools.” Journal of Education and Practice 7(15):169–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.14378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: