Pembuatan Tempat Edukasi, Pelatihan Daur Ulang Sampah, Lomba Mewarnai Anak Usia Dini pada TK Harapan Bunda

Muhamad Imron Zamzani, Abdul Alimul Karim, Sarah Shafira Ibrahim, Anisah Nazifa Salsabila

Abstract


TK Harapan Bunda merupakan salah satu TK negeri di Balikpapan yang menghadapi permasalahan terkait rendahnya minat baca siswa dan kesadaran lingkungan, serta belum optimalnya perkembangan soft skill siswa. Hal ini dipengaruhi oleh minimnya fasilitas pendukung seperti ruang belajar, buku bacaan, alat permainan edukatif, dan media pembelajaran lainnya. Program pengabdian ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun sarana belajar di ruang kosong sekolah, serta menyelenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca, kreativitas, dan kesadaran lingkungan siswa. Kegiatan yang dilakukan meliputi pembangunan pojok baca yang dilengkapi rak buku, buku cerita, buku menghitung, mainan puzzle dan balok, serta alat mewarnai. Selain itu, diadakan pelatihan daur ulang sampah menjadi kotak pensil yang dihias siswa untuk mengajarkan pentingnya pelestarian lingkungan. Lomba mewarnai juga diselenggarakan untuk menstimulasi kreativitas dan mengembangkan motorik halus anak. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan minat baca siswa mencapai 83,33%, kesadaran lingkungan 91,67%, kreativitas 83,33%, serta perkembangan soft skill seperti kesabaran, ketelitian, dan koordinasi mencapai 76-93,33%. Peningkatan ini menandakan tumbuhnya minat belajar dan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Keywords


PkM

References


Adhani, A., & Hanifah, D. (2017, September 15). Model pembelajaran saintifik berorientasi masa depan untuk meningkatkan kreativitas dan minat belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(2), 137-147.

Faiz, M. (2022, September 25). Strategi pembelajaran membaca untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 64-72.

Firjatullah, M., Hadi, S., & Saputra, S.A. (2023, Januari 15). Upaya peningkatan minat baca anak usia dini melalui pembelajaran demonstrasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 30(1), 97-105.

Harahap, M. (2018, September 30). Penerapan pembelajaran bermain untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 129-135.

Kurniawati, E. (2019, Oktober 15). Pendidikan berbasis minat dan bakat untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 18-23.

Listyaningrum, D., Setyosari, P., & Suryani, A. (2023, Maret 30). Pengaruh model pembelajaran berbasis cerita digital terhadap minat baca siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 16(1), 45-56.

Maihani, M., Husna, T., & Sari, D.R. (2023, Februari 15). Penerapan pendekatan learning by doing untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 35-44.

Ni’matuthoyyibah, N., Novitasari, S., & Salamah, U. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini Di TK Tunas Harapan Desa Dahor Grabagan Tuban. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 33-40.

Nurul dan Rahmadani. (2019, Juni 30). Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi perkembangan peserta didik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 78-84.

Pradana, R. (2020, Mei 15). Strategi orang tua dalam menanamkan minat membaca pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45-51.

Prasrihamni, H., Wulandari, L., & Suryani, A. (2022, April 30). Model pembelajaran bermain untuk meningkatkan minat baca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 79-86.

Putri, P. (2013, Agustus 15). Model pembelajaran berbasis lingkungan untuk mengembangkan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 23-28.

Rohani, N. (2017, Juni 30). Strategi pembelajaran bermain untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 4(2), 119-125.

Sarwono, S.W. (2015, Mei 15). Model pembelajaran berbasis karakter untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tk. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 43-51.

Santoso, S. (2011, Agustus 30). Model pembelajaran kreatif berbasis projek untuk mengembangkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 41-46.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suyatno. (2020, April 15). Media cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 123-130.

Yunia, H., & dan Wembrayarli, S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membentuk Dengan Menggunakan Media Spons Di PAUD Assalam Kota Bengkulu. In Jurnal Ilmiah Potensia (Vol. 2, Issue 2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.14666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: