Literasi Olahraga Melalui Sepak Bola Guna Pencegahan Stunting bagi Anak di Kabupaten Bungo

Jhony Hendra, Deka Ismi Mori Saputra, Diza Sartika, Lili Andriani, Egi Setiawan, Rolita Rolita

Abstract


Stunting menjadi salah satu permasalahan kesehatan di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan guna pencegahan stunting. Olahraga merupakan wahana permainan yang dapat meningkatkan tumbuh kembang anak, salah satunya melalui permainan sepak bola. Permainan sepak bola merupakan suatu bentuk permainan yang dimainkan di atas lapangan dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan memperhatikan teknik dasar passing, dribbling, dan shooting yang dilakukan atas kesenangan dan kegembiraan. Bermain sepak bola sangat disenangi oleh anak-anak, oleh karena itu secara tidak langsung, dengan bermain sepak bola dapat meningkatkan tumbuh kembang anak. Hasil wawancara tim pengabdi bersama manajer dan pelatih SSB Putra Lintas diketahui bahwa masih terdapat anak yang terindikasi dengan pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, model permainan sepak bola merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi mitra. Solusi dari permasalahan mitra tersebut antara lain dengan melakukan pendampingan terhadap stunting, nutrisi dan pemberian model permainan. Tujuan dilakukan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan literasi dan keterampilan anak dalam bermain sepak bola guna pencegahan stunting. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan angket. Adapun hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini berupa kegiatan sosialisasi terhadap peningkatan pengetahuan dan pemahaman anak tentang stunting dan pemenuhan nutrisi bagi tubuh. Anak mampu untuk bermain sepak bola dalam upaya pencegahan stunting.

Keywords


Olahraga, Sepakbola, Stunting

References


Abddulloh Faqihudin, Moh Nasution, W. (2015). Unnes Journal of Sport Sciences. 4(2), 6–10.

Aditia, D. A. (2015). Survei Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa Di Sma Negeri Se-Kabupaten Wonosobo Tahun 2014/2015. E-Jurnal Physical Education, 4(12), 2251–2259. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Adriani, P., Aisyah, I. S., Wirawan, S., Hasanah, L. N., Nursiah, A., Yulistianingsih, A., & Siswati, T. (2022). Stunting pada Anak. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Hidayah, W. (2023). Kapasitas Nutrisi Terhadap Kadar Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 68–78.

Irma Novianti, E. S. A. (2020). Pengaruh Permainan Lempar dan Tangkap Bola terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Kartini Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(2), 66–74.

Kemendikbud. (2020). Modul 2 Perkembangan Anak Usia Dini.

Kemenkes. (2018). Wartakesma: Cegah Stunting itu Penting.

Kemenkes RI. (2022). PEDOMAN NASIONAL PELAYANAN KEDOKTERAN TATA LAKSANA STUNTING. 1–52.

Mikawati, Lusiana, E., Suriyani, Muaningsih, & Pratiwi, R. (2023). Deteksi Dini Stunting Melalui Pengukuran Antropometri Pada Anak Usia Balita. AKM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 277–284.

Muhammad Irfan, Ronni Yenes, Roma Irawan, I. O. (2020). Kumpulan Teknik Dasar Sepakbola. Jurnal Patriot, 2(3), 720–731.

Nazhif, F. H., Fahrudin, & Purbangkara, T. (2023). Penggunaan Media Gawang Mini Terhadap Hasil Keterampilan Pembelajaran Sepak Bola Pada Peserta Didik SMP Negeri 1 Jatibarang Farhan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 135–148.

Nurdiansah, N., Kurnia, A., & Mawaddah, A. U. (2022). Bermain Lempar Tangkap Bola terhadap Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 5(2), 39–49.

Palmizal, Nurkadri, & Pratama, B. A. (2019). Pengaruh Latihan Lompat Gawang dan Latihan Lompat Samping terhadap Kemampuan Heading Bola pada Permainan Sepakbola Ditinjau dari Daya Ledak Otot Tungkai. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 11(2), 53–62.

Perpres. (2021). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Rahayu, A., Yulidasari, F., Putri, A. O., & Anggraini, L. (2018). Study Guide - Stunting dan Upaya Pencegahannya Study Bagi Mahasiswa Kesehatan Masyarakat.

Subekti, N., Mulyadi, H. A., Mulyana, D., & Priana, A. (2021). Peningkatan Kesehatan Melalui Program Informal Sport Masa Pandemi Covid 19 Menuju New Normal pada Masyarakat Dsn. Kalapanunggal dan Dsn. Ancol Kec. Sindang Kasih Kab. Ciamis. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 7(1), 17–22.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: