Pelatihan Digital Marketing Pemasaran Produk Lokal UMKM Arumanis Ridho Putra di Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis

Yogi Wijaya Dipura, Arie Budiawan, Gian Ramadhan, Elza Nurul Fadilah, Ita Sri Wahyuni

Abstract


Kegiatan pengabdian mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Galuh kepada masyarakat di desa Petirhilir yang berfokus ke dalam pengembangan produk lokal dan pemasaran digital. Jurnal ini membahas mengenai bagaimana program pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa. Desa Petirhilir merupakan rumah bagi produk lokal yang ada di Kabupaten Ciamis, yang artinya banyak sekali terdapat pelaku UMKM di desa tersebut. Agar lebih spesifik, maka pengabdi berfokus terhadap produk lokal UMKM Arumanis Ridho Putra yang merupakan olahan makanan manis yang dipasarkan hingga ke luar kota. Produk ini juga merupakan jajanan untuk anak ataupun orang dewasa. Pelaku pengabdian membantu mengenalkan digital marketing (pemasaran digital) dalam pengembangan produk lokal dengan memperkenalkan aplikasi media sosial untuk membantu mempromosikan semua produksi yang dihasilkan.

Keywords


Pelatihan, Pemasaran Digital, Usaha Mikro Kecil Menengah

References


Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149

Girsang, N. M., & Riski, W. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Produk UMKM di Sumatera Barat. Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry, 2(1), 1-10.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125.

Kurniasi, E. R., Ayuni, R., Dewa, B. P., Pramadhani, R., Yanti, P., Zuhriyyah, D., ... & Sari, E. A. (2021). Pelatihan Pemasaran Digital Produk Desa Nadung: Kopi Teh Pelawan Dan Gula Kabung. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), 187-197.

Lesmanah, U., Melfazen, O., & Yazirin, C. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1719-1725.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: