Penguatan dan Peningkatan Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi Kader Kesehatan dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular di Desa Cipakat Kecamatan Singaparna

Faisal Fadilla Noorikhsan, Andy Muharry, Nissa Noor Annashr, Dadan Yogaswara, Taufik Nurohman

Abstract


Peningkatan prevalensi penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia, seperti hipertensi, diabetes melitus, gagal ginjal kronik, dan stroke, menunjukkan kebutuhan mendesak untuk intervensi yang efektif. Berdasarkan data Riskesdas 2018 dan laporan Kementerian Kesehatan RI, angka kejadian PTM terus meningkat setiap tahun, menekankan pentingnya pencegahan dan deteksi dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat keterampilan komunikasi antar pribadi kader kesehatan di Desa Cipakat dalam pencegahan PTM. Metode yang digunakan adalah Participatory Learning and Action (PLA) dengan melibatkan 20 kader kesehatan dalam pelatihan, pendampingan, dan praktik komunikasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan komunikasi kader setelah intervensi, yang dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon yang menunjukkan p-value 0.00013. Pelatihan juga mencakup penggunaan alat kesehatan yang disertai dengan pemberian alat Posbindu PTM KIT. Berdasarkan hasil ini, disarankan untuk mengimplemetasikan ketreampilan komunikasi antar pribadi dalam pelayanan posbindu PTM untuk meningkatkan efektivitas pencegahan PTM di tingkat komunitas.

Keywords


Penyakit Tidak Menular, Keterampilan Komunikasi, Participatory Learning and Action, Kader Kesehatan, Posbindu

References


Kemenkes, "Riset Kesehatan Dasar 2013," Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta2013.

Kemenkes, "Buku Pedoman Manajemen Penyakit Tidak Menular," Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, 2019.

Kemenkes. (2019). Penyakit Menular Masih Jadi Perhatian Pemerintah. Kementerian Kesehatan RI. Available: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20190422/2530084/penyakit-menular-masih-jadi-perhatian-pemerintah/

WHO. (2023). Noncommunicable Diseases. Available: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/noncommunicable-diseases

Kemenkes, Profil Kesehatan Indonesia 2022. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2022.

Kemenkes. (2023, Juli 2024). Indikator Rensta Kemenkes (P2PTM) 2020-2024. Available: p2ptm.kemkes.go.id

D. P. Jabar. (2022, Juli 2024). Laporan Kesehatan Jawa Barat. Available: diskes.jabarprov.go.id

Y. Armiyati, E. Soesanto, and T. Hartiti, "Pemberdayaan Kader Posbindu Lansia Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Lansia di Desa Kangkung Demak," in Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 2014.

Kemenkes. (2022). Penyakit Tidak Menular. Available: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/761/penyakit-tidak-menular-ptm

D. Ratna Silvia, "Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Program Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Terhadap Sikap Warga Lansia Di Posyandu Mawar Bandung (studi kuantitatif dengan metode survei mengenai efektivitas komunikasi antarpibadi melalui program posbindu terhada," Universitas Komputer Indonesia, 2018.

A. U. Fitri and S. Rahmah, "Efektifitas Komunikasi Interpersonal pada Kader Community Based Surveilance (CBS) di Kabupaten Barru Tahun 2020," Jurnal Doppler, vol. 6, pp. 12-15, 2022.

R. Handonowati, M. Wilantara, and N. Elizabeth, "Efektivitas Komunikasi Kader Perwanas Kabupaten Tangerang Dalam Pencegahan Stunting," Komunikata57, vol. 4, pp. 50-58, 2023.

B. Sekarningrum and D. Yunita, "Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP) Bagi Kader Posyandu," Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 5, pp. 68-76, 2023.

D. Selena, "Peranan Kader Posyandu Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Posyandu," PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, vol. 3, pp. 49-57, 2023.

C. Kusuma, E. Fatmasari, J. Wulandari, P. Dewi, R. Pahlevi, S. Djiara, et al., "Literature review: Peran kader posyandu terhadap pemberdayaan masyarakat," in Prosiding Seminar Kesehatan Nasional Sexophone, 2021.

W. D. Suhbah, C. Suryawati, and W. Kusumastuti, "Evaluasi Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Puskesmas Sukolilo I Kabupaten Pati," Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 7, pp. 647-657, 2019.

S. Rahmah, "Penguatan Community Based Surveilance (CBS) Melalui Komunikasi Interpersonal dan Pengembangan Modul Di Kabupaten Barru," Universitas Hasanuddin, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: