Pendidikan Lingkungan pada Anak Melalui Penulisan Karya Sastra Anak di Rumah Belajar dan Rumah Bermain Untukmu Si Kecil

Zahratul Umniyyah, Nurhadianty Rahayu, Yanuaresti Kusuma Wardhani, Fatmawati Fatmawati, Faiza Maila Ghofur, Ahmad Adib Rosyadi

Abstract


Pendidikan lingkungan pada anak melalui penulisan karya sastra di Rumah Belajar dan Rumah Bermain Untukmu Si Kecil (RB-USK) bertujuan meningkatkan kesadaran lingkungan dan literasi di kalangan anak-anak. Program ini dimotivasi oleh masalah penggunaan gadget berlebihan yang menghambat perkembangan literasi dan kesadaran lingkungan. Melalui pendampingan dan pelatihan penulisan karya sastra bertema lingkungan, anak-anak didorong untuk menciptakan karya sastra yang orisinal. Kegiatan ini melibatkan penguatan manajemen organisasi RB-USK untuk memastikan kelangsungan program. Materi lingkungan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, analisis, dan pengambilan keputusan. Anak-anak akan belajar untuk mengevaluasi informasi dan membuat pilihan yang baik untuk lingkungan. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kemampuan literasi, kesadaran lingkungan, dan pengembangan karakter anak-anak dalam menghadapi tantangan global.

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


Haryanto, Reevi. 2018. Pembelajaran Abad 21 Melalui Rumah Belajar. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/10/pembelajaran-abad-21-melalui-rumah-belajar/ (diakses pada 1 Februari 2024)

Safira, A.R., Wati, I. 2020. Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini. Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEEC) . Vol. 1. No. 1. Juli 2020 https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/Home (diakses pada 22 Januari 2024)

Syafutri, H.D., dan Hidayati, F. 2016. Karya sastra anak Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sastra Anak. Seminar Nasional Sastra Anak

Membangun Karakter Anak melalui Sastra Anak. Sabtu, 28 Mei 2016

di Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta. https://pbsi.uad.ac.id/wp-content/uploads/Husni-Dwi-Syafutri-Fatma-Hidayati.pdf

Wulandari, R., Mahardhani, A.J., Setyowahyudi, R. 2020. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual. Vol 4 No 1, Jan 2020 www.journal.unublitar.ac.id/jp (diakses pada 31 Januari 2024




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: