Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Keripik A.N Fadilah melalui Program Rebranding dan Digital Marketing

Yunita Ardilla, Hamidah Lu’luul Maknun, Hibbatul Afwah, Valery Ihza Fitria Putri, Nara Swastika Kendra, Farah Laili Dianti, Farah Laili Dianti

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran krusial dalam perekonomian Indonesia, tetapi sering menghadapi tantangan dalam pengembangan, terutama dalam aspek pemasaran dan branding. Pengabdian masyarakat ini fokus pada UMKM Keripik A.N Fadilah di Dusun Krajan, Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, yang menghadapi masalah dalam meningkatkan penetrasi pasar. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan rebranding yang mencakup pembaharuan logo dan kemasan, serta pengembangan strategi pemasaran digital menggunakan WhatsApp Business. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), melibatkan diskusi dan praktik langsung dengan pemilik UMKM. Kegiatan dilakukan secara bertahap selama empat minggu, dimulai dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk mengidentifikasi kendala pemasaran. Tahap pertama melibatkan pendampingan dalam pemanfaatan WhatsApp Business untuk pemasaran digital, termasuk pembuatan katalog produk. Tahap kedua adalah pembaharuan logo dan desain kemasan untuk meningkatkan daya tarik produk. Tahap ketiga meliputi pembuatan titik koordinat UMKM di Google Maps untuk mempermudah akses lokasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan visibilitas produk dan kemudahan akses lokasi, yang diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Evaluasi menunjukkan bahwa rebranding dan strategi pemasaran digital berpotensi signifikan dalam meningkatkan daya saing UMKM. Pengabdian masyarakat ini memberikan panduan praktis untuk UMKM lain dalam menerapkan strategi rebranding dan digital marketing untuk pertumbuhan usaha yang lebih baik.

Keywords


UMKM, Rebranding, Digital Marketing, WhatsApp Business, Google Maps

References


Achmad, Z. A., Widji Triana, N., Arum, D. P., Agustina, Z. N., & Haq, J. A. (2023). Implementasi Program Bakti Inovasi Mengenai Re-Branding Dan Digital Marketing Pada UMKM Kelurahan Bendo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(3), 96–106.

Andirani, F., & Anandita, C. (2019). Rebranding Sofyan Hotel Cut Meutia Dalam Meningkatkan Citra. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 93–104.

Benediktus, G., Wicaksono, R., Husna, F., Arga, K., Sadewa, A. B., & Susanto, E. (2023). Strategi Digital Marketing Menggunakan Whatsapp Business Pada Warung Makan Menwari. Jambura, 6(2), 565–570. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–5.

Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Warta LPM, 25(1), 44–56. https://doi.org/10.23917/warta.v25i1.596

Lahulima, M. A. F., Azmi, L. S., Islami, M. A. I., Januarti, N. F., Oktaviana, A. E., Juanita, L., Ramadyana, N., Rahimana, P. Y., & Pratiwi, S. R. (2023). Jurnal PEPADU. Jurnal Pepadu, 2(4), 149–156. file:///C:/Users/user/Downloads/2248-Article Text-5810-1-10-20230202.pdf

Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351

Rambe, R. ., Ramadhani, G. ., & Akmala, T. F. (2023). Peran Umkm Dalam Meningkatkan Perekonomian Dan Kesejahteraan Masyarakat. MUSYTARI: Neraca Manajemen, Ekonomi, 3(3), 81–90.

Sitorus, S. A., & Al., E. (2020). Brand Marketing: the Art of Branding. In Cv. Media Sains Indonesia (Issue January).

Surono, A., P, B. P. P., & Sukmaraga, A. A. (2021). Rebranding Umkm Kafe Kopiright Malang Berbasis Analisis Swot Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1), 125–143. https://doi.org/10.33479/sb.v2i1.136

Widiati, A. (2020). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 8(2), 67–76. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Yansahrita, Y., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Digital Marketing: Sebagai Strategi Pemasaran Produk Home Industry di Wilayah Oku Timur. ECo-Buss, 6(1), 410–417. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.887




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: