Pendampingan Petani Kelompok Karang Taruna Desa Langsat Permai Kecamatan Bungaraya dalam Peningkatan Produksi Padi Melalui Sistem Tanam Benih Langsung (TABELA)

Hapsoh Hapsoh, Wawan Wawan, Isna Rahma Dini, Nazarudin Nazarudin, Mardiana Mardiana, Mandataris Mandataris

Abstract


Indeks panen (IP) padi di Desa Langsat Permai masih belum mencapai IP 300 akibat pola sistem budidaya tanaman padi yang dilakukan masih konvensional (tanam pindah/TAPIN) sehingga diperlukan waktu yang cukup lama dari masa pindah tanam sampai akhirnya panen dan dilakukan penanaman lagi. Oleh karena itu, sistem budidaya padi dengan sistem tanam benih langsung (TABELA) dapat menjadi salah satu solusi yang dapat membantu petani dalam meningkatkan indeks panen (IP) maupun produksi tanaman padi. Pendampingan ini merupakan kelanjutan dari pendampingan pada tahun sebelumnya (2023). Pada tahun 2023 telah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam budidaya dengan sistem Tabela. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya minat petani untuk melakukan budidaya padi dengan sistem Tabela. Namun, alat penanaman sistem Tabela (Atabel) hanya dapat digunakan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini telah dilakukan pendampingan dalam pembuatan alat Tabela yang lebih tahan lama dan pendampingan melalui pembuatan demonstrasi plot budidaya padi dengan sistem Tabela dengan menerapkan inovasi pupuk hayati konsorsium bakteri selulolitik hasil riset tim pengabdian yang diperkaya bahan organik seperti Mucuna bracteata untuk mendukung pertumbuhan dan produksi padi dengan sistem Tabela sehingga pada akhirnya mewujudkan pertanian berkelanjutan di Desa Langsat Permai. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan petani dalam membuat desai alat Tabela maupun pembuatan pupuk organik hayati pada budidaya tanaman padi.

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


AAK. (2003). Teknik Bercocok Tanaman padi. Yogyakarta: Kanisius.

Abidin, Z., S. Bananiek., D. Raharjo. (2013). Analisis ekonomi sistem tanam padi sawah di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara.

Dini, I. R., Hapsoh, Wawan, R. Ranuda, S. Rahmayuni. (2018). Water Management through Canal Blocking to Improving Rice Productivity in Langsat Permai Village, Bunga Raya District, Siak Regency, Riau Province. JST 1(2): 102-107.

Hapsoh, Dini IR, Salbiah D, Asih M. (2021). Response of growth and yield of rice (Oryza sativa L.) to the combination application of biofertilizer and biological agens. 2021;10(08)

Hapsoh, Wawan, IR Dini. (2020). IbDM pengelolaan tata air melalui canal blocking dalam meningkatkan produktivitas cabai di Desa Langsat Permai Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Jurnal Wikrama Parahita 4 (1): 21-28.

Hapsoh, W., Dini, I. R., Syaipul, M., Ramadhani, R., Azizah, J., & Hasibuan, L. F. (2023). Journal of Saintech Transfer. Journal of Saintech Transfer. 6(02):091-097.

Hapsoh., Wawan dan I. R. Dini. (2016). Aplikasi Pupuk Organik dengan Teknologi Mikroba Mendukung Pertanian Terpadu Berkelanjutan Berbasis Tanaman Pangan pada Lahan Gambut. Laporan Akhir Hibah Kompetensi LPPM Universitas Riau (Tidak dipublikasikan). Universitas Riau. Pekanbaru.

Magfiroh, N., Lapanjang, I. M., & Made, U. (2017). Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman padi (Oryza sativa l.) pada pola jarak tanam yang berbeda dalam sistem tabela. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 5(2), 212-221.

Pasek. (2005). Perbaikan Budidaya Tanaman Padi Sawah dengan Sistem Tabelatot (Tanam Benih Langsung Tanpa Olah Tanah) di Desa Penatih, Kabupaten Badung. Denpasar: Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Udayana.

Pujiyanta. (2015). Profil Desa Langsat Permai Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Siak.

Setijo. (2000). Budidaya Padi Sawah Tabela. Jakarta : Penebar Swadaya.

Siregar. (2015). Komparasi Usahatani Padi Sawah Sistem Tapin dan Sistem Tabelaa di Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sosio Ekonomika Bisnis, 18(2), 37-46.

Sukisti. (2012). Usahatani Padi dengan Sistem Tanam Pindah (tapin) dan Sistem Tabur Benih Langsung (tabela) di Desa Srigading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Skripsi (Tidak dipublikasikan). Fakultas Pertanian Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Supriadi, H dan Kasim. (1995). Teknologi Budidaya Padi Sawah Sebar Langsung dalam Barisan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Supriatna, A. (2012). Meningkatkan indeks pertanaman padi sawah menuju IP padi 400. Agrin, 16 (1).

Taslim, H., Supriadi, H. (1997). Teknologi Sistem Usaha Tani Tanam Benih Langsung Padi Sawah dalam Barisan. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Utomo, M., Nazarudin. 2003. Bertanam Padi Sawah Tanpa Olah Tanah. Bogor: Penebar Swadaya.

Zaini, Z. (1996). Sistem Usaha Tani Berbasis Padi dengan Wawasan Agrobisnis. Keragaman Musim Tanam I. Cisarua: Makalah Disampaikan pada Lokakarya Manajemen Penelitian. Analisis Keragaman Pengkajian Teknologi SUTPA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: