Intervensi Pengendalian Emosi pada Santri Panti Asuhan Muhammadiyah Al-Amin Yogyakarta

Ainus Saqifah Fuadi, Sumayyah Sumayyah, Tyas Nawang Wulan, Nina Zulida Situmorang

Abstract


Kenakalan remaja telah menjadi masalah yang berkembang di masyarakat dengan adanya fenomena klitih yang sangat ekstrim, termasuk di Yogyakarta. Ada banyak faktor penyebab kenakalan remaja, diantaranya kurang berkembangnya kecerdasan emosional pada remaja. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengelola emosi dan mengatur suasana hati, namun seringkali kurang dihargai di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan program pemberdayaan masyarakat bertajuk “Intervensi Pengendalian Emosi di Panti Asuhan Santri Muhammadiyah Al-Amin” untuk mencegah kenakalan remaja. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif yang melibatkan 11 siswa berusia 13-18 tahun melalui observasi dan wawancara. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa program pemberdayaan masyarakat berhasil dilaksanakan melalui pengenalan materi dan permainan yang berfokus pada pengelolaan emosi. Para peserta menunjukkan antusiasme dan pemahaman yang baik tentang strategi manajemen emosi dan potensi positif mereka untuk mencegah kenakalan remaja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengendalian emosi melalui psikoedukasi efektif dalam mencegah kenakalan remaja. Ini dapat membantu kaum muda mengendalikan dorongan agresif, menggunakan sumber daya positif di lingkungan dan membentuk hubungan sosial yang positif. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk mengevaluasi lembaga pendidikan dan mengembangkan program pencegahan kenakalan remaja yang lebih efektif untuk panti asuhan dan pesantren.

Keywords


Kenakalan Remaja; Pengendalian Emosi; Psikoedukasi; Program Pemberdayaan Umat

References


Badan Pusat Statistik Kenakalan Remaja. (2021). Statistik Kriminal 2021. https://www. bps.go.id/id/publication/2021/12/15/8d1bc84d2055e99feed39986/statistik-kriminal -2021.html

Butarbutar, F. (2020). Pengembangan Emotional Intelligence Dalam Konteks Pekerjaan. Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen, 6 (2), 92-101.

Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Das, G. Y., & Avci, I. A. (2015). The effect of anger management levels and communication skills of Emergency Department staff on being exposed to violence. Medicinski Glasnik, 12 (1), 99–104.

Eltink, E. M. A., Ten Hoeve, J., De Jongh, T., Van der Helm, G. H. P., Wissink, I. B., & Stams, G. J. J. M. (2018). Stability and change of adolescents’ aggressive behavior in residential youth care. Child & Youth Care Forum: Journal of Research and Practice in Children’s Services, 47 (2), 199–217. https://doi.org/10.1007/s10566-017-9425-y

Fogaca, J. L. (2021). Combining mental health and performance interventions: Coping and social support for student-athletes. Journal of Applied Sport Psychology, 33 (1), 4–19. https://doi.org/10.1080/10413200.2019.1648326

Goleman, D. (2015). HBR’s 10 Must Reads on Emotional Intelligence. Massachusetts: Harvard Business Review

Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal,1(2),147–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434

Marwoko, G (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 26 (01), 60-75

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar, A. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2),182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

Pahlevi, R. (2022). Jumlah Kasus dan Pelaku Klitih di Jogja Meningkat pada 2021. Databoks.

Rofiqah, T., & Sitepu, H. (2019). Bentuk kenakalan remaja sebagai akibat broken home dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan konseling. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 6(2).

SINDOnews. (2019). Tindak Kriminalitas Anak Sangat Memprihatinkan. SINDOnews.com.

Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jurnal Penelitian & PPM, 4(2), 129–389. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1727

Suprihatin, T., Arjanggi, R., & Fitriani, A. (2021). Psikoedukasi Untuk Penyadaran Potensi Positif Siswa SMK Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Abdimas Unwahas, 6(2), 126–131. https://doi.org/10.31942/abd.v6i2.5548




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: