Edukasi Pencegahan Tanah Longsor di Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis

Vivy Nurfauziah, Septi Putri Sandi Ratih

Abstract


Salahsatu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia dan dampak dari kejadian bencana alam yang banyak merugikan masyarakat yaitu tanah longsor. Dampaknya itu seperti kehilangan tempat tinggal, terputusnya jalur transportasi, dan rusaknya infrastruktur. Dampak dari kejadian tersebut dirasakan  salahsatunya oleh masyarakat Desa Indragiri Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Hal itu dikarenakan Desa Indragiri terdiri dari perbukitan bergelombang curam sampai agak terjal. Maka dari itu diperlukannya suatu edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan tanah longsor di Indragiri, sehingga dapat mengurangi dampak dari adanya kejadian tanah longsor dan dapat mengurangi angka bencana tanah longsor di Desa Indragiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 05 Agustus 2024 yang bertempat di Balai Desa Indragiri yang diikuti oleh  Kepala Desa beserta jajarannya, Ketua BPD, Babinsa, Binamas, Ketua MUI Desa Indragiri, Ketua Karang Taruna beserta jajarannya serta Ibu-ibu PKK. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu ceramah.  Dalam penyampaian materi di kegiatan ini, disampaikan oleh 2 narasumber yang merupakan Dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Galuh. Materi Pertama disampaikan oleh Vivy Nurfauziah, S.T.,M.T., dalam materinya berisikan pengenalan tanah longsor dan hasil dari kajian tanah di Indragiri. Materi Kedua disampaikan oleh Septi Putri Sandi Ratih, S.T., M.T., materi ini berisikan strategi pencegahan dan penanggulangan tanah longsor. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat begitu antusias dalam mengikutinya, sehingga diharapkan angka terjadinya bencana tanah longsor di Desa Indragiri berkurang dan kesadaran masyarakat mengenai akannya bahaya dari bencana ini menjadi meningkat serta lebih peduli terhadap lingkungannya. Selain itu juga masyarakat lebih sigap dalam pencegahan dan penanggulangan tanah longsor ini.

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2023. Data Bencana Indonesia, Jakarta .

Indonesia. Diakses dari situs https://bnpb.go.id/buku/buku-data-bencana- indonesia-tahun-2023 , pada tanggal 15 Mei 2024.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta. 2022. Buku Saku Terpadu Siap Siaga Bencana. Yogyakarta. Indonesia

I News Tasikmalaya. 2024. Tebing Setinggi 15 Meter di Panawangan Ciamis Longsor, 2

Rumah Warga Terancam, Ciamis. Indonesia. Diakses dari situs https://tasikmalaya.inews.id/read/395771/tebing-setinggi-15-meter-di panawangan-ciamis-longsor-2-rumah-warga-terancam , pada tanggal 15 Mei 2024.

Mussadun., Khadiyanto, P., Suwandono, D., Syahri, E. K. Edukasi Pendekatan Vegetatif Dalam Penanganan Bencana Longsor Di Kampung Plansansari. 2020

. JAZ : Jurnal Arsitektur Zonasi. Volume 3 Nomor 2, Juni 2020 e-ISSN: 2620- 9934, p-ISSN : 2621-1610.

Nurfauziah, V. (2022). Kajian Stabilitas Lereng Pada Kondisi Drained dan Undrained Di Dusun Legok 2 Dengan Menggunakan Perkuatan Dinding Penahan Tanah Kantilever. Tesis, Universitas Sangga Buana YPKP. Bandung.

Radio Republik Indonesia. 2024. Terjadi 111 Bencana Longsor Ciamis, Terbaru di Cikoneng, Jakarta Indonesia Diakses dari situs https://rri.co.id/daerah/655355/terjadi-111-bencana-longsor-ciamis-terbaru-di-cikoneng , pada tanggal 15 Mei 2024.

Tribun Jabar Id. 2024. Rumah Warga Panawangan Ciamis Rusak Karena Diterjang Longsor, Untung Tak Ada Korban Jiwa. Ciamis. Indonesia. Diakses dari situs https://jabar.tribunnews.com/2024/03/21/rumah-warga-panawangan-ciamis-rusak-karena-diterjang-longsor-untung-tak-ada-korban-jiwa , pada tanggal 15 Mei 2024.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: