Pengelolaan Keuangan UMKM Dan Peningkatan Kreativitas Ibu-Ibu Rumah Tangga Dengan Cara Mengelola Sumber Daya Manusia Yang Ada Di Desa Tanjung Baru

Ranti Puspita Sari, Budi Setiawan, Vhika Meiriasari, Hendry Natanael Gumarno

Abstract


Pengelolaan keuangan yang efektif adalah kunci untuk keberhasilan dan keberlanjutan usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya bagi ibu rumah tangga di Desa Tanjung Baru. UMKM di desa ini berfokus pada pengolahan nanas, salah satu komoditas unggulan yang berkontribusi pada perekonomian lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam pengelolaan keuangan UMKM dan inovasi produk nanas untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing. Metode yang digunakan mencakup survei kondisi kebun nanas, edukasi tentang desain dan pemasaran produk, serta pelatihan inovasi produk dan pengelolaan keuangan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola keuangan serta kemampuan inovasi produk. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan kapasitas UMKM di Desa Tanjung Baru, dan disarankan agar pelaku UMKM terus mengembangkan pengetahuan serta memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pasar. Dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak diperlukan untuk memastikan keberhasilan dan pertumbuhan usaha.

Keywords


Pengelolaan Keuangan, UMKM, Sumber Daya Manusia

References


Febriansyah, P., Afriyani, F., Meiriasari, V., & Ratu, M. K. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dengan Memanfaatkan Olahan Ubi Jalar Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Alai Selatan Kabupaten Muara Enim. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2797–2800.

Hasan, S., Elpisah, Sabtohadi, J., M, N., Abdullah, & Fachrurazi. (2022). Manajemen Keuangan. Penerbit Widina.

Hasanuddin, R., Rustam, A., & Lisu, A. L. (2024). Pengelolaan Keuangan UMKM Pada Ibu Rumah Tangga. Journal Of Training And Community Service Adpertisi (JTCSA), 4(2), 1–5.

Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai : Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. Jurnal Ilmu Hukum QISTIE, 15(1), 17–31.

Nabillah, B. (2022). Pendamping Umkm (Pengelolaan Keuangan Danmanajemen Usaha) Serta Pengelolaan Produkagribisnis Pertanian Buah Nanas Desa Tanjung Baru. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (PRIMA), 2(1), 58–63.

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186.

Yulianti, V., Wulandari, D. S., Widiastuti, & Pasha, R. (2024). Pengembangan Program Edukasi Keuangan Keluarga dalam Meningkatkan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga. Jurnal Pelita Pengabdian, 2(2), 203–209.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: