Pembimbingan Guru dalam Merancang Pembelajaran Terdiferensiasi di SMAN 1 Toapaya

Nurul Hilda Syani Putri, Nur Izzati, Mariyanti Elvi, Alona Dwinata, Mirta Fera, Linda Rosmery

Abstract


Pembelajaran terdiferensiasi dalam kurikulum merdeka adalah pendekatan dengan melihat keragaman kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa. Di SMAN 1 Toapaya telah menerapkan kurikulum merdeka, namun guru sering menghadapi tantangan dalam merancang pembelajaran dengan kebutuhan seluruh siswa. Dalam rangka peningkatan efektifitas pembelajaran dalam kurikulum merdeka di sekolah dan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang dapat mengakomodasi perbedaan individu siswa maka TIM PKM memilih topik ini sebagai kegiatan pengabdian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembimbingan kepada para guru dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi. Metode pengabdian yang digunakan pada pengabdian ini workshop In On In. Tahap “In” dilakukan di sekolah yaitu penyampaian materi guna memberikan pemahaman tentang pentingnya pembelajaran terdiferensiasi.  Tahap “on” dilakukan melalui whatssapp grup dengan membimbing peserta untuk melihat rancangan pembelajaran terdiferensiasi. Selanjutnya tahap terakhir “In” kembali untuk mereview rancangan pembelajaran terdiferensiasi yang telah dibuat peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam merancang pembelajaran terdiferensiasi. Dengan demikian, program pembimbingan ini berkontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di SMAN 1 Toapaya.

Keywords


Pengabdian, Masyarakat

References


Awam, J. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SMPN 4 Demak Tiara Nove Ria , 2 ) Lenny Kurniati 1 ) Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi , Universitas Pandanaran 2 ) Pendidikan Matematika Fakultas Saintek , Universitas Ivet , Indonesia * Emai. 3(1), 13–18.

Dini, F., Nesri, P., Kristanto, Y. D., & Sanata, U. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645

Pelajaran, M. T., Pelajaran, M. T., & Kunci, K. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1, 80–94.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan. Jurnal Ansiru PAI, 92–106.

Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Utami Maulida. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Tri Wahono. (2022). Penguatan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Agama Hindu Pada Sistem Pembelajaran Blok Implementasi Merdeka Belajar. Widya Aksara, 27(2), 175–183.

Wahyuningsari, D. (2022). Berdiferensiasi, Pembelajaran Rangka, Dalam Belajar, Mewujudkan Merdeka. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: