Pemberdayaan Ibu Hamil dalam Pemenuhan Kebutuhan Zat Gizi Untuk Normalisasi dan Pemeliharaan Kadar Hemoglobin

Siti Fatimah, Kurniati Devi Purnamasari, Arifah Seftiane Mukti

Abstract


Prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia sebesar 37,1% jumlah tertinggi di wilayah pedesaan yaitu 37,8% dan terendah di wilayah perkotaan sebesar 36,4%. Sementara ditahun 2018 meningkat menjadi 48,9%. Jumlah tertinggi kasus anemia pada ibu hamil masih didominasi di wilayah pedesaan yaitu 49,5% dan diperkotaan sebesar 48,3%. Tingkat pendidikan dan pengetahuan kesehatan masih rendah, sehingga kesadaran akan pentingnya pencegahan dan deteksi dini anemia masih kurang. Keterbatasan dalam makanan bergizi, terutama yang            kaya akan zat besi, dapat menjadi faktor risiko yang signifikan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada 10 orang ibu hamil yang mengalami anemia dan 6 orang kader kesehatan.  Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pengabdian ini adalah perbaikan pengetahuan ibu hamil dalam memahami konsep dan pola pemenuhan kebutuhan zat gizi untuk normalisasi kadar hemoglobin. Kegiatan pengabdian ini di awali dengan pengukuran pengetahuan di awal pre-tes , setelah itu responden diberikan penyuluhan kesehatan dan dikahir dilakukan pengukuran pengetahuan kembali post test. Selain pengukuran pengetahuan responden juga dilakukan penilaian kadar hb yang dilakukan di awal dan akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini untuk pengetahuan mengalami peningkatan, rata-rata pengetahuan di awal 60 setelah diberikan penyuluhan rata-rata nya meningkat menjadi 90. Hal ini sejalan juga dengan kadar Hb responden rata-rata kadar Hb di awal 9,2 gr/dl dan diakhir kegiatan rata-rata kadar Hb 11,2 gr/ dl

Keywords


Kadar Haemoglobin, Anemia, Ibu Hamil

References


Amalia F, Nugraheni SA, Kartini A. Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan praktik calon ibu dalam pencegahan kurang energi kronik ibu hamil (Studi pada Pengantin Baru Wanita di Wilayah Kerja Puskesmas Duren, Bandungan, Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 2018;6:370–7.

Amanupunnyo NA, Noya LH. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Dalam Pencegahan Anemia Pada Kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Kosler. Global Health Science 2020;5.

Hidayanti L, Rahfiludin MZ. Dampak anemi defisiensi besi pada kehamilan: A literature review. Gaster 2020;18:50–64.

Novita N, Sukaisih N, Awalia N. Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang) 2014;1.

Sianipar SS, Aziz ZA, Prilia E. Pengaruh pendidikan kesehatan tentang anemia pada kehamilan terhadap pengetahuan ibu hamil di UPT Puskesmas Bukit Hindu Palangka Raya. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan 2016;7:262–73.

Tanziha I, Damanik MRM, Utama LJ, Rosmiati R. Faktor risiko anemia ibu hamil di indonesia. Jurnal Gizi Dan Pangan 2016;11:143–52.

Wulandari AF, Sutrisminah E, Susiloningtyas I. Literature Review: Dampak Anemia Defisiensi Besi Pada Ibu Hamil. Ojs Poltekkes-Medan Ac Id 2021;16.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: